Tuty Adib Jagokan Gamis Tenun Merah Muda di New York Fashion Week

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Gaun tenun Balai Panjang Tuty Adib yang ikut serta di New York Fashion Week 2019. TEMPO/Ahmad Rafiq

Gaun tenun Balai Panjang Tuty Adib yang ikut serta di New York Fashion Week 2019. TEMPO/Ahmad Rafiq

IKLAN

CANTIKA.COM, Solo - Gamis warna dominan merah muda menjadi andalan Tuty Adib saat mengikuti ajang internasional ASC New York Fashion Week (NYFW) pada 3-13 September 2019. Rancangan itu mengangkat tenun yang berasal dari para perajin di Balai Panjang, Payakumbuh, Sumatera Barat.

"Selama ini tenun identik dengan kain yang digunakan dalam upacara adat," katanya sepulang dari acara tersebut, Rabu, 18 September 2019. Ia mencoba mengambilnya sebagai bahan rancangan pakaian yang kasual dan ready to wear.

Tentunya, ada beberapa bagian yang dipersiapkan khusus menyesuaikan dengan tema Spring Summer 2020 dalam acara itu. "Dimulai dari pemilihan benang sebagai bahan dasar tenun," katanya. Benang berbahan dasar katun, tanpa campuran polyester, menjadi pilihan.

Alasannya, bahan katun murni yang ringan sesuai digunakan saat musim panas. "Juga menyerap keringat," ujarnya. Sesuai kebutuhan di banyak belahan dunia, ia menggunakan pewarna dengan bahan alam yang menghasilkan perpaduan warna-warna sejuk, hangat hingga cerah.

Sesuai dengan konsep modest fashion, gamis rancangan Tuty Adib terkesan simpel dan longgar. Warna yang digunakan cukup dinamis dengan perpaduan peach, cream beige, neo mint green, orange hingga cantaloupe.

Pasangan mini outer membuat rancangan itu tampil lebih elegan dengan mengaplikasikan songket khas Balai Panjang dengan motif Kumbuh. "Motif ini dimodifikasi agar lebih sederhana, simpel dan tidak berat," ucapnya.

Koleksi busana Tuty Adib Blossom Minang Spring/Summer 2020 ASC New York Fashion Week 2020. (Instagram@tutyadib)

Tema busana Blossom Minang dimunculkan dengan penggunaan model lengan balon. "Kami juga menggunakan model lipit di bagian bawah," tuturnya. Bordir bermotif bunga membuat rancangan itu lebih terlihat feminin.

Di sela-sela acara ASC New York Fashion Week, Tuty Adib bersama sepuluh perancanga busana lain di bawah bendera Indonesia Modest Fashion Designer juga memamerkan rancangannya dalam Indonesia Fashion Galeri. Acara tersebut digelar di Konsulat Jenderal Republik Indonesia (RI) di New York.

Sebelumnya, pemilik rumah mode Bilqis itu juga pernah membawa tenun Balai Panjang ke panggung mode kelas dunia lainnya. Tuty Adib memamerkan rancangan busana dengan bahan serupa di Scout London Fashion Week pada tahun 2018.

AHMAD RAFIQ

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."