Cara Mencuci dan Merawat Sweater Rajut Agar Tahan Lama

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi perempuan memakai sweater rajut. (Unsplash/Tamara Bellis)

Ilustrasi perempuan memakai sweater rajut. (Unsplash/Tamara Bellis)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Menjaga kualitas pakaian agar tahan lama disesuaikan dengan jenis bahannya. Mulai dari bahan jeans, katun, sutra, jersey, hingga rajutan. Untuk bahan rajutan misalnya sweater rajut koleksi Anda perlu perhatian khusus dalam soal mencuci dan menyimpannya.

Melansir laman Well and Good, Valerie Macaulay, salah satu pendiri merek pakaian rajut La Ligne membagikan tips untuk merawat sweater rajut agar tahan lama. Mulai dari durasi mencuci, Macaulay menyarankan tidak perlu mencucinya setiap habis dipakai, kecuali Anda menumpahkan sesuatu pada sweater. Sebab biasanya sweater rajut dipakai sebagai lapisan kedua dari kaus dalam yang dikenakan

Cuci sweater rajut Anda menggunakan pembersih kering atau mencuci tangan, tidak diperbolehkan mencuci di dalam mesin cuci. “Tergantung pada kondisi sweater-nya saat itu, saya akan mencuci dengan pembersih kering ataupun mencuci dengan air dingin ditambah cairan khusus rajut,” ia memaparkan.

Menurutnya cara ini lebih maksimal membersihkan kotoran yang menempel sekaligus memperpanjang ketahanan usia pakaian rajut. Untuk mengeringkannya, Anda biarkan kering secara alami jangan dimasukkan ke dalam mesin pengering. Jemur pula di kondisi yang tidak terlalu terpapar terik matahari untuk menjaga ketahanan warna.

Dalam hal penyimpanan, sweater rajut harus selalu disimpan dalam kondisi dilipat. “Selalu lipat, menggantung sweater bisa meregangkan dan mengubah bentuk rajutan seiring berjalannya waktu,” kata Macaulay.

Bila ada rajutan yang terlepas atau tersangkut saat bersinggungan dengan perhiasan atau ikat pinggang yang dipakai, sebaiknya serahkan perbaikannya kepada penjahit Anda yang terpercaya. Sebab perlu alat dan penanganan khusus yang bisa dilakukan para penjahit. Jangan ditunda-tunda perbaikannya agar tidak meregang lebih lebar rajutannya.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."