Tips Menghadiri Fashion Week dari Busana hingga Makeup

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Runway of UBS Gold

Runway of UBS Gold "Disney" di Jakarta Fashion Week 2019. (Dok. Jakarta Fashion Week)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Gelaran fashion week atau pekan mode terhitung agenda wajib bagi sejumlah perempuan. Untuk mereka yang mencintai mode, fashion week merupakan ajang bertukar informasi mode, unjuk penampilan, hingga mengomentari fashion police bagi outfit sesama tamu undangan yang hadir di sana. Tak bisa dielakkan pula, kadang-kadang saat menemukan tempat duduk yang sudah diatur sesuai undangan pekan mode kerap menemui tantangan tersendiri. Apakah Anda pernah menemui orang yang cuek atau pura-pura tidak sadar saat menempati tempat duduk Anda? Bila iya, Anda tidak sendirian mengalaminya, tapi itulah salah satu momen menggemaskan dari fashion week.

Saat ini tengah berlangsung New York Fashion Week, bila Anda melewatkannya masih ada agenda Milan Fashion Week 20202 di panggung mancanegara dan Jakarta Fashion Week 2020 pada 19-25 Oktober 2020. Bila salah satu jadwal pekan mode tersebut masuk agenda Anda, tak ada ruginya mengulik sejumlah tips menghadiri pekan mode yang dibagikan Lenni Tedja, Direktur Jakarta Fashion Week.

“Saat datang ke fashion week, pastikan membawa undangan, e-invitation, kode atau barcode yang telah diberikan oleh penyelenggara show tersebut. Upayakan pula datang sebelum waktu show dimulai untuk antisipasi antrean hingga estimasi waktu pengantaran saat Anda disambut user ke tempat duduk Anda,” ungkap Lenny Tedja saat ditemui di konferensi pers Jakarta Fashion Week 2020 di Jakarta Selatan, Rabu 11 September 2019.

Lenny Tedja Direktur Jakarta Fashion Week saat ditemui di Fashionlink, Senayan City, Jakarta Pusat, Rabu 11 September 2019. Tempo/Silvy Riana Putri

Untuk soal busana, Lenny mengutarakan tidak perlu merasa terbebani dan mengekspresikan gaya yang sesuai jati diri. “Ada beberapa orang saat akan datang ke fashion week, keder duluan. Bajunya apa ya, ininya apa ya. Be yourself. Kalau orang datang ke fashion show, berarti suka fashion, ya. Dari common sense itu bisa tercipta gaya personal yang oke dan keren,” tuturnya.

Lebih lanjut ia memaparkan, “If you want to be look fashionable, enggak usah lebay juga. Contoh lebay itu memakai gaun malam panjang dengan mute-mute saat menghadri fashion week bertema ready to wear di siang hari. Sesuaikan saja dengan tema dan waktu acara.”

Saat disinggung soal rule memakai tampilan head to toe yang sesuai dengan label fashion yang didatangi, ia menanggapi itu hanya bentuk apresiasi bukan suatu kewajiban. “Kebetulan saya pernah meng-handle label pakaian internasional. Bila kita datang ke fashion show label tertentu, Anda punya koleksinya silahkan dipakai sebagai bentuk menghormati yang punya acara. Kalau enggak punya, jangan pula terbebani. Be yourself tadi yang penting,” Lenny Tedja menjelaskan.

Bicara soal makeup, Lenny pun mengingatkan disesuaikan dengan tema dan waktu acara fashion show yang akan Anda hadiri. “Kalau siang, ya enggak usah pakai heavy makeup sampai tebalnya lima cm. Cukup disesuaikan dengan acara saja. Boleh juga diaplikasikan salah satu dari tren makeup di tahun tersebut,” tandasnya.  

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."