5 Trik Menata Interior Rumah Jadi Lebih Luas, Salah Satunya Warna

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
ilustrasi rumah (pixabay.com)

ilustrasi rumah (pixabay.com)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Besar atau kecilnya hunian Anda turut berperan dalam menentukan interior rumah yang Anda inginkan. Bagi pemilik rumah berukuran minimalis, tapi ingin terlihat luas terdapat sejumlah tips untuk menyiasatinya. Sebab bila Anda memilih warna atau menempatkan furnitur di tempat yang keliru bisa membuat rumah terkesan "penuh" dan sempit. 

Melansir laman The Spruce dan Style Caster berikut ini sejumlah tips dalam menata interior rumah agar terlihat lebih luas

1. Memilih tembok berwarna terang
Bagi yang memiliki rumah dengan ukuran kecil, memilih tembok berwarna terang adalah kunci karena menurut banyak ahli, warna gelap dapat menciptakan kesan kecil. Sebaliknya, warna terang justru bisa membuat ilusi ruang yang lebih besar. Jadi, hindari warna hitam, abu-abu dan cokelat serta pilih warna putih atau krem.

2. Memasang cermin dan karpet
Pada setiap ruangan, disarankan untuk memiliki cermin dan karpet. Dari segi cermin sendiri, para ahli mengatakan bisa memantulkan cahaya dari jendela atau lampu untuk membantu penerangan. Sedangkan karpet juga bisa memberikan kesan luas, sehingga keduanya cocok untuk diletakkan pada ruangan kecil.

3. Meletakkan banyak lampu
Seperti teori awal mengenai warna tembok terang, meletakkan banyak lampu di ruangan yang sempit juga penting untuk dilakukan karena terang dari lampu bisa menyoroti setiap sudut ruang dan menjadikannya terlihat lebih besar. Namun, jangan asal dalam memilih lampu. Pastikan pula memiliki daya dan ruang lingkup yang besar untuk menyorot ruangan.

4. Memasang barang yang besar
Anda mungkin berpikir bahwa dalam ruangan yang kecil, sebaiknya tidak isi dengan barang besar. Namun, hal ini salah karena memamerkan barang yang besar justru mampu menciptakan ruang dengan pandangan lebih besar pula. Untuk itu, salah satu trik untuk menerapkan hal ini adalah dengan memasang gorden panjang dari atas ke bawah. Anda juga bisa meletakan satu lukisan besar di salah satu sisi tembok.

5. Memiliki tempat atau wadah di setiap sudut kamar
Hal ini adalah sesuatu yang penting lainnya sebab dengan banyaknya barang yang ada di setiap sudut ruangan rumah akan membuat kesan sempit. Sebaliknya, jika Anda memiliki satu wadah, ia bisa berfungsi untuk menjadi tempat dari barang-barang di ruangan tersebut. Contohnya adalah mainan anak yang berserakan, namun bisa terlihat rapi dan luas jika disusun pada satu tempat khusus.
Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."