3 Kiat Merawat Kemilau Berlian, Jangan Kena Losion dan Parfum

Ilustrasi cincin berlian. Forbes.com

kecantikan

3 Kiat Merawat Kemilau Berlian, Jangan Kena Losion dan Parfum

Rabu, 4 September 2019 12:11 WIB
Reporter : Tempo.co Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Berlian salah satu sahabat perempuan dalam menyempurnakan tampilan di berbagai kesempatan. Saat tampil kasual hingga glamor, berlian tak pernah salah memberikan kemilaunya. Tentu untuk menjaga kemilaunya tidak meredup, Anda perlu memberikan perawatan yang dibutuhkan berlian. Selain mengunjungi toko berlian terdekat untuk mencuci berlian hingga mengecek apakah ada baret di batunya, Anda juga harus mendukung dengan perawatan di rumah. Apa sajakah itu?

Berikut ini tiga tips simpel yang dibagikan Nickoline Retna Public Relation Manager PT Central Mega Kencana, peritel perhiasan di Indonesia seperti Frank & Co, Mondial Jeweler hingga The Palace National Jeweler. 

1. Berlian sebaiknya tidak terkena produk berbahan kimia yang mengandung klorin. Beberapa bahan itu adalah sabun, sampo, losion, parfum, tisu basah, dan cairan pembersih tangan. Berlian pun sebaiknya terhindar dari keringat.

"Perhiasan berlian itu digunakan tepat sebelum Anda meninggalkan rumah untuk beraktivitas, dan tanggalkan perhiasan berlian Anda tepat setelah Anda tiba di rumah," ucap Nickoline.

2. Bila ternyata perhiasan Anda dirasa kotor terkena berbagai bahan kimia mengandung klorin itu, Anda bisa membersihkan berlian dengan sedikit sabun cair, sikat lembut, dan bilas pada air yang mengalir.

3. Selanjutnya, Anda disarankan untuk menyimpan perhiasan kembali pada tempat atau kotak perhiasan berlian setiap selesai menggunakan. "Usahakan untuk tidak meletakkan perhiasan bersentuhan satu dengan lainnya untuk menghindari gesekan pada emas ataupun berlian," ungkap Nickoline.

MITRA TARIGAN