Desain Baju Kurung Loemongga Haoemasan, Didiet Maulana Nostalgia

Loemongga Haoemasan dan sang suami, Menteri Sosial Agus Guwimang Kartasasmita. Dia mengenakan baju kurung rancangan Didiet Maulana. dok. Didiet Maulana

ragam

Desain Baju Kurung Loemongga Haoemasan, Didiet Maulana Nostalgia

Sabtu, 17 Agustus 2019 16:58 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Yunia Pratiwi

CANTIKA.COM, Jakarta - Loemongga Haoemasan mendampingi sang suami, Menteri Sosial Agus Guwimang Kartasasmita saat menghadiri upacara peringatan HUT RI ke-74 di Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu, 17 Agustus 2019. Loemongga tampil anggun mengenakan baju kurung rancangan Didiet Maulana.

Bagi Didiet, merancang baju kurung mengingatkan dirinya pada awal tahun 2011, ketika ia melakukan riset busana nasional Indonesia. Saat itu, ia berkenalan dengan salah satu seniman dan budayawan Uni Henny Adli. “Saya banyak belajar darinya tentang kain tenun dan songket Padang dan juga berbagai kelengkapan baju dan aksesorisnya,” ujar Didiet Maulana dalam keterangan resminya.

Loemongga Haoemasan mengenakan baju kurung rancangan Didiet Maulana. dok. Didiet Maulana

Didiet menjelaskan Baju Kurung adalah baju bukaan belakang bisa dengan risleting atau kancing, yang dipakai sebagai busana sehari hari dan adat untuk orang Minang. Baju kurung yang dikenakan Loemongga Haoemasan ini terinspirasi dari baju kurung klasik. “Tampilan perempuan Minang yang anggun dan berwibawa di tuangkan dalam rancangan untuk Ibu Loemongga sebagai Ibu Menteri Sosial, yang memiliki darah Minang,” lanjut Didiet Maulana.

Sketsa baju kurung Loemongga Haoemasan yang dikenakan saat menghadiri upacara peringatan HUT RI ke-72. dok. Didiet Maulana

Untuk melengkapi penampilan Loemongga Haoemasan, Didiet memadukan baju kurung dengan songket warna baby pink yang dibuat di Padang, serta kalung antik Minang dan gelang sebagai aksesorisnya. Bordir pada baju kurung dibuat meriah khas budaya Minang nan menawan di atas bahan sutra. Begitu juga dengan tatana rambut yang bergaya klasik seperti perempuan Minang di era 60-an.

Sementara Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita memakai busana Jawa Barat, dengan batik khas sunda sebagai daerah asalnya. “Mari rayakan keberagaman Indonesia, Dirgahayu Indonesiaku!,” tandas Didiet.