Kisah Rancangan Kain Kebaya Sri Mulyani di Sidang Tahunan MPR RI

Inspirasi kebaya yang dipakai Sri Mulyani di Sidang Tahunan MPR RI. (Instagram@didietmaulana)

kecantikan

Kisah Rancangan Kain Kebaya Sri Mulyani di Sidang Tahunan MPR RI

Jumat, 16 Agustus 2019 10:30 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, JakartaDidiet Maulana kembali dipercaya oleh Sri Mulyani Indrawati Menteri Keuangan Indonesia untuk merancang busana kebaya untuk acara sidang tahunan MPR RI pada 16 Agustus 2019. Didiet menceritakan inspirasi rancangan hingga proses pembuatannya di akun Instagram@didietmaulana.

“Proses perancangan kali ini cukup unik karena dilakukan di Tokyo dan proses approval dilakukan via online kepada beliau. Konsep kebaya untuk acara hari ini adalah inspirasi kebaya kutubaru dengan angkin (kain yang dipakai di atas stagen),” tulis Didiet.

Sketsa rancangan busana Sri Mulyani di Sidang Tahunan MPR RI. (Instagram@didietmaulana)

Kain yang dipakai oleh Sri Mulyani adalah bahan lurik yang dibuat oleh perajin di Yogyakarta. Sedangkan kain memakai kain lasem buatan tangan dengan proses berlapis. Proses kain lasem memakan waktu hampir 3 sampai 4 minggu dengan detail yang teliti dan halus. Motif pada kain lasem itu bernama Sekar Jagad Lasem Lumintu.

Untuk desain kebaya Sri Mulyani terbuat dari brokat dengan motif brokat antik, bentuk kerah sedikit tinggi untuk menunjukan karisma yang kuat, namun di sisi lain menunjukkan unsur lembut perempuan Indonesia.

“Kali ini siluet dibuat agak berbeda, apabila tahun kemarin dibuat body fit, tahun ini kami membuat body loose untuk memberikan ruang gerak fleksibel. Bros Semyok dibuat oleh seorang kawan baik seniman aksesori di Solo, terinspirasi dari bros antik khas Jawa Tengah. Motif selendang batiknya dibuat serupa dengan kain,” kata Didiet di Instagram.

Untuk tampilan makeup, Sri Mulyani terlihat segar dengan pulasan lipstik cerah di bibirnya. Rambutnya pun disanggul rapi ke belakang. Untuk melengkapi penampilannya, dia tampak memakai kalung dan anting emas berukuran kecil. Dia pun tak melepas kacamata andalannya.