3 Keluhan Ini Sering Muncul Saat Bercinta Usai Melahirkan

Ilustrasi pasangan gagal bercinta. shutterstock.com

kesehatan

3 Keluhan Ini Sering Muncul Saat Bercinta Usai Melahirkan

Selasa, 13 Agustus 2019 08:00 WIB
Reporter : Sehatq.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Pasangan suami istri disarankan untuk menunda bercinta selama empat sampai enam minggu setelah melahirkan. Durasi waktu ini berlaku pada persalinan normal maupun operasi caesar. Sebab bercinta pascapersalinan yang dilakukan terlalu cepat, dikhawatirkan dapat meningkatkan risiko pendarahan pascapersalinan atau infeksi pada rahim. Selain itu, akan muncul sejumlah keluhan saat bercinta usai melahirkan. 

Beberapa keluhan ini tergolong normal terjadi ketika pasangan kembali mulai berhubungan setelah melahirkan.

1. Rendahnya dorongan seksual

Seringkali terjadi, istri tetap tidak berminat bercinta meskipun sudah lewat enam minggu masa pemulihan setelah persalinan. Para istri tak perlu merasa bersalah bila mengalaminya. Kenapa?

Pasalnya, tubuh Anda telah mengalami perubahan hormon secara drastis, ukuran rahim yang kembali mengecil, dan luka persalinan baru saja sembuh. Hormon menyusui pun dapat membuat dorongan seksual menjadi rendah.

Lebih baik santai saja dan terus terang pada suami mengenai perasaan Anda tersebut. Coba tetap jalin kemesraan dengan cara di luar hubungan intim. Anda dapat berpelukan, berciuman, atau bersama-sama menikmati keberadaan anak.

Yakinkan diri Anda dan suami bahwa kondisi ini hanya berlangsung sementara, Anda masih butuh waktu untuk kembali jadi diri Anda yang dulu.

2. Struktur miss V yang berubah

Saat mengeluarkan bayi, otot miss V meregang luar biasa. Karena itu, butuh beberapa waktu sampai miss V kembali ke kondisi sebelumnya.

Tak heran banyak perempuan yang mengeluhkan kondisi miss V menjadi berbeda saat berhubungan intim dibandingkan sebelum melahirkan. Jangan terlalu memikirkannya, perbedaan ini hanyalah sementara dan akhirnya akan menjadi samar.

Para ibu baru mungkin bisa mencoba senam kegel untuk membantu mengembalikan kondisi otot miss V. Caranya adalah dengan mengencangkan otot dasar panggul seakan-akan menahan buang air kecil, tahan selama beberapa detik, lalu lepaskan.

Latihan kegel dapat Anda lakukan berulang kali, kapan pun dan di mana pun secara diam-diam. Misalnya, sambil menyusui maupun menonton televisi. Tak akan ada yang tahu bahwa Anda sedang melakukannya.

3. Rasa sakit saat bercinta

Perubahan hormon yang terjadi pascakehamilan akan membuat miss V terasa kering. Hormon menyusui juga mengurangi lubrikasi vagina, sehingga bercinta pun terasa menyakitkan. Apalagi jika Anda mengalami luka pada jalan lahir yang masih dalam proses pemulihan.

Berikan pemahaman pada suami mengenai perubahan fisik dan hormon Anda. Gunakan banyak pelumas berbahan dasar air ketika Anda dan pasangan kembali berhubungan setelah melahirkan.

Jika rasa sakit disebabkan oleh luka pada jalan lahir atau luka bekas operasi yang belum sembuh sepenuhnya, tunda dulu bercinta sampai luka benar-benar sembuh.

SEHATQ