Resep Tengkleng Kambing Tanpa Santan, Mudah Dibuat dan Lezat

kuliner

Resep Tengkleng Kambing Tanpa Santan, Mudah Dibuat dan Lezat

Senin, 12 Agustus 2019 11:01 WIB
Reporter : Tempo.co Editor : Mila Novita

CANTIKA.COM, Jakarta - Masih punya daging kambing dan jeroan sisa kurban Idul Adha? Selain bisa dibuat gulai dan sate, daging kambing juga nikmat dibuat tengkleng. Makanan khas Solo ini mirip gulai, tapi lebih encer karena biasanya tidak menggunakan santan. Umumnya tengkleng terbuat dari bagian kambing selain daging, seperti iga, kaki, dan seluruh bagian kepala. Tapi, Anda juga bisa menambahkan daging kambing sebagai campuran. 

Mau mencoba masak tengkleng khas Solo? Berikut resepnya, seperti dikutip dari Kitab Masakan Kumpulan Resep Sepanjang Masa terbitan Demedia.

Bahan:

-1 kilogram jeroan kambing, bagian kepala kambing (telinga dan lidah), kaki, dan kikil kambing-2 liter air-2 sendok makan minyak untuk menumis-2 batang serai, memarkan-3 lembar daun salam-Garam sesuai selera

Haluskan:-8 butir bawang merah-4 siung bawang putih-1 sednok makan ketumbar sangrai-½ sendrik teh jintan sangrai-1 sendok teh merica bulat-½ ruas jari kunyit bakar-3 buah cabai merah

Cara membuat:-Rebus bahan-bahan (jeroan, kaki, bagian kepala, dan daging kambing) sampai matang dan empuk. Angkat, potong-potong sesuai selera, sisihkan.

-Didihkan air, masukkan bahan-bahan yang telah direbus tadi sampai cukup lunak

-Panaskan minyak goreng. Tumis bumbu halus, serai, dan daun salam sampai harum. Angkat tumisan bumbu dan masukkan ke dalam panic rebusan jeroan, tulang, bagian kepala kambing. Aduk hingga rata.

-Kecilkan apinya, teruskan memasak sampai bumbu meresap selama 45 menit, lalu angkat.

Untuk 5 porsi