Resep Mini Pancake Stroberi yang Lezat dan Segar

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Resep Mini Pancake Stroberi. (I am food blog)

Resep Mini Pancake Stroberi. (I am food blog)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Saat anak-anak berkumpul di acara keluarga seperti Hari Raya Idul Adha, kita perlu menyiapkan camilan sehat sekaligus lezat. Bila Anda masih mencari ide camilan apa untuk lebaran nanti, coba buatlah mini pancake stroberi ini. Kesegaran krim buatan Anda sendiri dan potongan kecil buah stroberi, tak perlu lagi khawatir tentang zat pengawet atau pewarna.

Ditambah lagi, ukuran pancake yang mini bisa mengurangi sisa makanan dan easy to bites. Anak-anak bisa menyantap camilan lezat dan segar ini sembari bermain dengan teman seusianya.

Berikut ini bahan dan cara membuat mini pancake stroberi yang dilansir dari laman I am food blog.

Bahan-bahan:

Stroberi

  • 0,5 stroberi
  • sejumput garam
  • 2 sendok makan gula, dibagi
  • 1 cangkir krim kental

Pancake

  • 1 cangkir tepung
  • 1 sendok teh baking powder
  • 1 sendok teh soda kue
  • 2 sendok makan gula
  • 1 telur
  • 1 cangkir susu atau buttermilk
  • 1/2 sendok teh vanilla 

Resep mini pancake stroberi. (I am food blog)

Cara pembuatan:

  1. Jika diinginkan, potong stroberi menjadi dua atau empat bagian. Taburi dengan satu sendok makan gula dan sedikit garam, aduk rata. Diamkan agar lebih menyerap dan mendapatkan rasa segar sekaligus manis.
  2. Buat krim kocok dengan menuangkan krim dan satu sendok makan gula ke dalam mangkuk dingin. Kocok dengan kocokan besar hingga tercampur rata. Simpan dalam lemari es.
  3. Dalam mangkuk besar, aduk tepung, baking powder, baking soda, dan gula. Dalam mangkuk kecil, kocok telur dan vanila ke dalam susu / buttermilk. Kemudian tambahkan adonan di mangkuk kecil ke mangkuk besar. Campur kedua adonan secara lembut dengan menggunakan garpu. Jangan terlalu lama mencampurnya.
  4. Panaskan wajan anti-lengket dengan ukuran api sedang-rendah. Oleskan lapisan minyak secara tipis pada wajan Anda.
  5. Untuk mini pancake, tuang adonan menggunakan sendok teh dan masak sampai terbentuk gelembung kecil di permukaan dan di tepinya.
  6. Pancake harus berwarna cokelat keemasan. Balik dan lanjutkan memasak selama satu menit, atau sampai berwarna cokelat keemasan.
  7. Untuk pancake ukuran biasa, tuang adonan sekitar 1/2 - 3/4 gelas. Pancake yang lebih besar akan membutuhkan waktu lebih lama untuk dimasak.

Porsi: 4 Anak

Waktu persiapan: 10 menit

Waktu memasak: 40 menit

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."