Tips Memilih Bra Agar Tidak Kelonggaran atau Kekecilan

Ilustrasi bra. (Purewow/Twenty)

kecantikan

Tips Memilih Bra Agar Tidak Kelonggaran atau Kekecilan

Jumat, 9 Agustus 2019 08:35 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Saat memilih bra banyak kriteria yang dicari di antaranya tidak menimbulkan rasa sakit karena kekecilan, cup bra yang tidak kelonggaran, hingga keindahan aksesorinya. Itu sebabnya, harus jeli dengan seluk-beluk bra. Bila memakai ukuran bra yang tidak pas jelas menganggu aktivitas sehari-hari.

Berikut ini sejumlah tips yang perlu diperhatikan saat memilih bra seperti dilansir dari laman Purewow.

Kenali Ukuran

Tahapan ini yang paling harus diperhatikan. Secara teori ukuran cup bra mewakili besar payudara Anda. Untuk mendapat ukuran pasti payudara bisa lakukan pengukuran sendiri. Untuk mengukur lingkar dada, ambil pita pengukur dan kelilingi area tulang rusuk yang tepat berada di bawah payudara. Genapkan angka yang Anda dapat (kecuali jika selisih angka Anda di bawah 1cm dari angka tertinggi, maka bisa dibulatkan ke atas)

Untuk mengukur cup bra, pakai kembali pita pengukur kemudian kelilingi bagian yang paling penuh dari payudara, biasanya di area tengah payudara. Bulatkan angka yang didapatkan, lalu kurangi dengan angka lingkar dada, itulah ukuran cup payudara sesungguhnya. Bila sekitar 2,54 cm termasuk jenis cup A, 5 cm jenis cup B, kemudian 7,5 cm untuk cup C, dan begitu seterusnya.

Jangan menyamaratakan ukuran bra di setiap merek

Jennnifer O’Connell, penata gaya lingerie Rigby & Peller’s mengungkapkan jangan samakan ukuran bra di satu merek akan sama di merek lainnya. “Sebab masing-masing merek bra memproduksi di pabrik yang berbeda dan produksi massal. Jadi, lebih baik mencoba dua sampai tiga ukuran berbeda agar pas di payudara Anda,” ucapnya.

Jangan anggap ukuran Anda tetap sama dengan 10 tahun lalu

Saat kuliah Anda menggunakan bra 34 C, belum tentu ukuran itu bertahan sampai sekarang. Jadi, ukurlah secara berkala payudara Anda. Bukan hal yang aneh, bila ukuran bra Anda berubah setelah beberapa tahun. Bisa jadi lebih kecil atau bertambah.

Bra olahraga bukan solusi satu-satunya

Bagi yang memiliki payudara berukuran besar, bra jenis olahraga tanpa kawat kerap diminati. Tapi ternyata itu kurang pas untuk menampung payudara dengan benar. Pilihlah jenis bra tanpa kawat juga, tapi dilengkapi penyangga yang melekat di bahan di bagian bawah payudara.