Ibu Menyusui, Hindari 7 Makanan dan Minuman Berikut

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
ILUSTRASI - Cabai pelangi. Cabai kecil dengan warna ungu dan merah untuk kebun hias. KOMUNIKA ONLINE

ILUSTRASI - Cabai pelangi. Cabai kecil dengan warna ungu dan merah untuk kebun hias. KOMUNIKA ONLINE

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kualitas Air Susu Ibu (ASI) yang dihasilkan ibu menyusui turut dipengaruhi jenis makanan dan minuman yang dikonsumsi. Itu sebabnya, para ibu menyusui sebaiknya jeli memilih makanan. Ada makanan yang dianjurkan karena baik untuk bayi, ada pula yang sebaiknya dihindari karena berisiko pada kesehatan bayi maupun ibu.

Melansir laman Boldsky, berikut beberapa makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari ibu menyusui.

1. Jeruk
Meski kaya akan kandungan vitamin C, jeruk rupanya terdaftar sebagai salah satu makanan yang sebaiknya dihindari ibu menyusui. Senyawa yang ada dalam buah jeruk dapat mengiritasi bayi baru lahir dan menyebabkan bayi rewel sepanjang hari. Buah jeruk juga disebut memicu ruam popok dan banyak gumoh. Anda perlu beralih ke sumber makanan vitamin C lainnya seperti pepaya dan mangga.

2. Cokelat
Walaupun cokelat dapat memperbaiki mood, sebaiknya Anda perlu menahan diri dulu untuk mengonsumsinya. Hal ini dikarenakan cokelat mengandung zat kafein yang tinggi sehingga tidak baik bagi ASI.

3. Makanan mentah
Penting diingat bahwa ibu tidak boleh menyantap makanan mentah tertentu selama masa menyusui karena dikhawatirkan tidak bersih dan mengandung racun.

4. Susu
Susu sapi dan produk susu olahan lainnya diketahui dapat menetralkan ASI yang notabene kaya laktosa. Jika terlalu banyak mengonsumsi susu atau produk olahannya dikhawatirkan justru menyebabkan bayi intoleran terhadap laktosa. Intoleran terhadap laktosa adalah kondisi bayi yang tidak mampu menyerap laktosa dengan baik atau sama sekali sehingga menimbulkan gejala-gejala medis.

5. Makanan pedas
Para ibu menyusui juga sebaiknya tidak mengonsumsi makanan-makanan pedas secara berlebihan. Sebab bisa menyebabkan kolik dan ruam pada bayi.

6. Brokoli dan labu
Brokoli dan labu tergolong makanan bergas, begitu juga paprika. Kelebihan mengonsumsi brokoli dan labu juga diketahui dapat meningkatkan kolik pada bayi serta mengakibatkan berkurangnya pasokan ASI Anda.

7. Minuman beralkohol
Sesekali minum segelas anggur dianggap tidak menimbulkan risiko pada bayi. Tetapi, jika ibu menyusui mengonsumsi alkohol dalam jumlah yang lebih besar itu akan menyebabkan kenaikan berat badan yang tidak normal pada bayi.

GALUH PUTRI RIYANTO

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."