Buat Fresh Graduate yang Ingin Cari Kerja, Perhatikan Hal Berikut

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yayuk Widiyarti

google-image
Ilustrasi Fresh Graduate. Shutterstock.com

Ilustrasi Fresh Graduate. Shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Menentukan pilihan setelah lulus adalah tantangan buat para lulusan sekolah atau perguruan tinggi baru atau fresh graduate, entah itu untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi atau terjun ke dunia kerja. Buat yang memutuskan untuk langsung terjun ke dunia kerja, hendaknya mempersiapkan diri sejak awal. Pastikan sejak jauh-jauh hari sudah tahu apa yang ingin dikerjakan.

Lupakan soal coba-coba, batu loncatan, atau cari pengalaman. Jangan habiskan waktu untuk hal itu. Tahun berikutnya lulusan baru akan bermunculan. Otomatis saingan akan semakin banyak. Berikut beberapa tips untuk membantu memilih apa yang ingin kamu lakukan di dunia kerja, dilansir Allwomenstalk.

#Pahami bakat
Coba pikirkan, apa yang benar-benar kamu inginkan, apa saja kelebihan dan kemampuan? Tuliskan semua hal itu ke dalam bentuk catatan. Hal pertama dalam memilih karier adalah untuk memastikan bahwa kamu ingin melakukannya. Jangan sampai kelak menghabiskan waktu 9 jam melakukan sesuatu yang tidak disukai atau diminati.

#Penelitian
Cari tahu semua karier yang tersedia, di mana kamu dapat mengasah dan menyalurkan bakat. Dalam melakukan hal ini, pastikan juga untuk cari tahu apakah karier atau profesi kerja itu di masa yang akan datang masih tetap ada atau tidak, kelak masih akan menggunakan tenaga manusia atau akan tergantikan oleh tenaga mesin.

#Buat catatan
Catat bidang pekerjaan dan nama-nama profesi kerja yang diminati. Pastikan itu mencakup semua karier yang menarik minat dan pekerjaan itu adalah pekerjaan ingin dilakukan kelak.

#Penelitian (bagian 2)
Sekarang kamu sudah punya pilihan. Waktunya untuk menyelidiki pilihan itu. Bicara dengan orang yang sudah berpengalaman di bidang studi yang kamu ambil. Dapatkan pengalaman langsung, misalnya dengan menjadi sukarelawan. Jelajahi setiap pilihan sebelum membuat keputusan akhir. Bila sudah tahu apa yang benar-benar ingin dilakukan, buat target untuk mencapainya.

#Terbuka
Akhirnya, ingatlah bahwa hidup adalah sebuah perjalanan dan bahwa hal yang dicintai sekarang, belum tentu tetap akan menjadi apa yang disukai pada 10 tahun mendatang. Intinya, kita perlu untuk tetap terbuka dan tidak takut untuk memiliki pengalaman baru.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."