Tips Hidup Sehat tanpa Narkoba

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yayuk Widiyarti

google-image
Ilustrasi wanita berlatih yoga. shutterstock.com

Ilustrasi wanita berlatih yoga. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Anda pasti ingin selalu tampil bugar dengan menerapkan gaya hidup sehat meski sibuk. Namun, kadang tak semua orang bisa melakukannya dan justru memilih jalan pintas, misalnya menggunakan obatan-obatan terlarang guna menaikkan stamina.

Beberapa selebritas tanah air yang tersangkut kasus narkoba mengaku terpaksa mengonsumsi obat-obatan terlarang dan narkotika untuk meningkatkan stamina. Padahal, sebenarnya ada langkah yang sederhana yang bisa dilakukan agar tetap sehat sehingga tak perlu narkotika dan beberapa bisa dilakukan di sela pekerjaan. Berikut beberapa di antaranya seperti dilansir laman WebMD.

#Istirahat malam
Daripada berpergian ke tempat hiburan atau sekadar kumpul-kumpul dengan rekan, lebih baik pulang untuk beristirahat. Orang yang cukup beristirahat tidak hanya dapat mengatasi stres dengan lebih baik tetapi juga memiliki kendali yang lebih baik terhadap selera makan. Penelitian telah menunjukkan kurang tidur bisa membuat hormon lapar tidak seimbang dan mungkin memicu makan berlebihan.

#Makanan bergizi
Di tengah waktu sibuk, sebaiknya tetap mengutamakan makanan sehat dan bergizi. Anda bisa meminta keluarga untuk mengingatkan dan menyiapkan makanan sehat untuk disantap bersama.

#Senyum dan tawa
Hal sederhana namun bisa berpengaruh kebugaran adalah tersenyum dan tertawa. Tertawa meningkatkan rasa bahagia yang akan membantu menjalani hari-hari sibuk dengan lebih ringan dan menyenangkan.

#Kesehatan gigi
Sebelum tersenyum dan tertawa, pastikan kesehatan gigi dalam kondisi prima. Selain mengandalkan sikat, Anda juga bisa memakai benang gigi untuk menjaga kebersihan gigi dan gusi.

#Berdoa
Beribadah dan berdoa secara rutin, minimal 10-20 menit per hari dapat menjadi kontemplasi jiwa dan pelipur lara. Berdoa dan beribadah juga bisa menurunkan tekanan darah dan membantu mengatasi tuntutan kehidupan sehari-hari.

#Berjalan kaki
Jalan kaki dan lakukan lebih banyak langkah ke dalam hari. Tidak peduli bagaimana mendapatkannya, aktivitas fisik dapat membantu meredakan stres, membakar kalori, dan kepercayaan diri.

#Berdiri tegak
Anda akan terlihat 5 kilogram lebih ringan jika berdiri tegak dan mengencangkan otot perut.

#Yoga
Pose-pose dalam yoga membantu meningkatkan kekuatan, fleksibilitas, dan meningkatkan keseimbangan, yang pada akhirnya akan menaikkan kebugaran.

#Konsumsi protein
Nutrisi ini merupakan bagian penting dari rencana makan dan dapat mencapai 10 -35 persen dari total kalori. Dengan konsumsi protein yang cukup, Anda tidak perlu memakai stimulan dari obat-obatan untuk menjaga kebugaran. Protein juga bertahan lama di perut. Gabungkan dengan makanan tinggi serat dan Anda akan merasa lebih sedikit kalori. Nikmati susu rendah lemak, kacang-kacangan, daging tanpa lemak, unggas atau ikan.

#Sikap positif
Terakhir tetapi tidak kalah pentingnya, memiliki sikap positif. Anda harus percaya pada diri sendiri, memiliki sistem pendukung yang baik, dan berpikir positif.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."