Sebab Kulit Wajah Mudah Kendur dan Menua

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yayuk Widiyarti

google-image
Ilustrasi wanita memegang kulitnya. Pixabay.com

Ilustrasi wanita memegang kulitnya. Pixabay.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kulit wajah akan mengendur seiring dengan pertambahan usia. Namun, ada beberapa faktor eksternal yang justru mempercepat proses itu.

"Faktor eksternal termasuk di antaranya sinar UV (ultra violet), polusi, merokok, lalu gaya gravitasi, merupakan faktor eksternal yang menyebabkan sagging skin (kulit mengendur)," kata spesialis kulit dan kelamin Hafiza Fikri Fadel.

Kulit cepat kendur termasuk tanda-tanda penuaan dini. Cara mencegahnya dengan rutin menggunakan pelembap wajah dan tabir surya dengan kandungan antioksidan.

Penuaan Dini/Bisnis.com

"Kulit yang lembap membantu kerja enzim-enzim dan bahan aktif antioksidan sangat penting, sebab ia faktor yang bisa menghambat proses penuaan," ujarnya.

Ia menjelaskan, produk perawatan kulit dengan kandungan antioksidan dapat menghambat enzim yang berperan memecah kolagen dan elastin, untuk menjaga elastisitas kulit. Selain itu, ia menekankan kunci untuk melawan tanda penuaan kulit adalah pemakaian produk perawatan wajah antipenuaan secara konsisten.

"Sebaiknya jangan bolong-bolong, karena produk perawatan kulit itu mengandung bahan aktif yang sebenarnya membantu menjaga kekenyalan kulit, menghindarkan radikal bebas, dan pembentukan dark spot," tuturnya.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."