Sebelum Beli Produk Perawatan Kulit Anti Penuaan, Ingat 3 Hal Ini

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
Ilustrasi mencium aroma produk kecantikan. Boldsky

Ilustrasi mencium aroma produk kecantikan. Boldsky

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Produk perawatan kulit yang memiliki klaim anti penuaan kini semakin banyak pilihan. Mulai dari perawatan krim dingin sampai pelembap kaviar. Tapi dengan begitu banyak pilihan tersebut bagaimana Anda tahu apa yang benar-benar dapat bekerja pada kulit?

Baca juga: Bahan Produk Perawatan Kulit yang Tak Boleh Dipakai Bersamaan

Melansir laman Women's Health, ada beberapa aturan dasar yang harus diterapkan ketika memilih produk anti penuaan. Simak penjelasan dari beberapa ahli berikut ini. 

#1. Beli produk yang memiliki bahan berkhasiat
Sebelum membeli produk, ketahui bahan yang terbukti memiliki khasiat yang signifikan. “Bahan utama yang harus diperhatikan adalah retinol yang dapat mendorong perputaran sel, hydroquinone yang dapat mencerahkan, AHA seperti asam glikolat dan hialuronat untuk eksfoliasi, antioksidan seperti vitamin C dan tentu SPF,” ujar dermatologist Shereene Idriss. Bahan-bahan tersebut dapat membuat kulit lebih sehat dan terlihat lebih muda.

#2. Lakukan beberapa penelitian
Jika Anda ragu tentang produk perawatan kulit, konsultasikan dengan dokter kulit Anda mendapatkan rekomendasi atau kunjungi cosmeticsinfo.org, sebuah situs konsumen dari Personal Care Products Council yang berisi informasi lengkap tentang keamanan, pengujian, dan regulasi kosmetik dan produk personal. 

Selain itu, Anda juga dapat memeriksa rekomendasi American Academy of Dermatology tentang bagaimana memilih produk anti penuaan. Hal lain yang perlu diingat produk anti penuaan yang menjanjikan hasil yang mempengaruhi struktur atau fungsi tubuh, misalnya menghilangkan keriput atau meningkatkan produksi kolagen, secara teknis dianggap obat-obatan, oleh Food and Drug Administration (FDA) . Oleh karena itu, mereka memerlukan persetujuan FDA melalui penelitian ilmiah yang mendukung klaim mereka sebelum menjanjikan klaim tersebut pada pengguna.

#3. Jangan terlalu percaya promosi
Jika sebuah produk secara ajaib mengklaim untuk menyelesaikan semua kebutuhan anti-penuaan, ini patut diwaspadai sebelum membeli. "Tidak ada produk tunggal yang menjadi jawaban Anda untuk anti penuaan, dengan cara yang sama bahwa tidak ada satu makanan pun yang akan membuat Anda tetap sehat," kata Idriss.

Rutinitas perawatan kulit anti penuaan yang baik adalah keseimbangan menggabungkan berbagai bahan yang masing-masing menargetkan berbagai aspek proses penuaan dalam kulit Anda. Jadi, misalnya, gunakan peel untuk mencerahkan bintik hitam, serum untuk mengurangi garis-garis halus dan keriput, dan pelembab untuk menghidrasi.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."