Tips Menggantung Pakaian Supaya Tak Mudah Lecek

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
Ilustrasin wanita merapihkan lemari pakaian. rd.com

Ilustrasin wanita merapihkan lemari pakaian. rd.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Pakaian yang digantung akan memudahkan Anda mengambil dan memilihnya ketika berdandan. Namun tidak semua pakaian bisa disimpan dengan cara digantung. Selain itu, menggantung pakaian juga tidak boleh sembarangan. Beberapa tips menggantung pakaian yang perlu diperhatikan antara lain Anda wajib memperhatikan jenis pakaian dan material gantungan yang digunakan. 

Pertama, kenali pakaian apa saja yang sebaiknya disimpan dengan cara digantung. Jenis pakaian yang masuk kategori ini adalah pakaian yang mudah lecek. Contohnya setelan formal, blus, gaun, dan semua pakaian berbahan linen. 

Sedangkan pakaian dengan material yang lentur seperti sweater, busana rajut, oblong, dan busana olahraga lebih baik dilipat serta disimpan di dalam laci daripada digantung. Melipat mengurangi tekanan pada material yang lentur ini. Demikian juga pakaian dengan material yang kaku seperti denim, lebih cocok disimpan dengan cara dilipat.

Tips menggantung pakaian selanjutnya, periksa apakah pakaian yang akan digantung memiliki tali cantolan kecil yang dijahit di dalam pakaian. Kalungkan cantolan ini pada gantungan untuk mengurangi tekanan pada material baju yang bersentuhan langsung dengan gantungan, yakni bagian leher dan bahu baju. 

Langkah berikutnya, sesuaikan cara menggantung dengan jenis pakaian. Kancingkan kemeja dari atas sampai bawah sebelum digantung, agar kemeja tidak mudah lecek. Sedangkan untuk celana, lipat menyamping hingga hanya tampak satu bagian kaki celana dan sampirkan pada bagian gantungan yang lurus. 

Untuk pakaian yang baru dicuci dengan dry cleaning, tips menggantung pakaian yang perlu diperhatikan adalah pastikan melepas tas plastik terlebih dulu sebelum digantung. Karena umumnya, teknik dry cleaning menggunakan zat kimia keras yang kemungkinan menyisakan senyawa yang kurang baik, sehingga plastik pembungkus pakaian akan memerangkap senyawa itu. Segera setelah melepas plastik, gunakan gantungan Anda sendiri dan kembalikan gantungan yang biasanya berbahan kawat itu kepada pihak penatu. 

AURA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."