Migrain Menyerang, Tak perlu Obat, Atasi dengan Tips Berikut

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yayuk Widiyarti

google-image
Ilustrasi migrain. Shutterstock

Ilustrasi migrain. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Efek migrain dan jenis sakit kepala lain dapat menyebabkan rasa nyeri yang luar biasa sehingga berpotensi mengganggu aktivitas seseorang sepanjang hari. Obat pereda sakit atau parasetamol pun menjadi pilihan untuk mengatasinya.

Namun, sebelum meminum obat atau penghilang rasa sakit, ada sejumlah hal dan makanan yang bisa membantu mengatasi migrain, seperti dilansir dari Medical Daily.

#Minum kopi
Minum kopi ketika mulai merasakan gejala sakit kepala bisa membantu meredakan rasa nyeri. Tetapi, batasi konsumsnya karena bila terlalu banyak malah menyebabkan sakit.

Baca juga:
Migrain Sampai Dirujuk ke Psikiater, Cek Dulu Apa Masalahnya

#Kompres dingin atau panas
Menempatkan kompres dingin di dahi atau bantal pemanas di leher atau bagian belakang kepala dapat membantu mengurangi rasa sakit akibat migrain. Anda juga bisa menggunakan es batu yang dibungkus handuk atau kain hangat di bagian yang sakit. Kompres kepala selama 15 menit dan istirahat selama 15 menit lagi.

#Singkirkan kuncir kuda
Tekanan eksternal pada kulit kepala atau kepala, seperti kuncir kuda, topi, ikat kepala, atau bahkan kacamata renang, dapat menyebabkan sakit kepala. Satu studi menunjukkan bahwa wanita yang mengendurkan ikatan rambut merasa sakit kepala menghilang.

#Hindari permen karet
Mengunyah adalah salah satu penyebab sakit kepala yang tidak diketahui. Mengunyah permen karet, makanan yang renyah dan lengket serta menggigit kuku atau pena dapat memicu sakit kepala.

#Hindari cahaya terang
Cahaya terang atau berkedip dapat menyebabkan migrain. Cukup tutup jendela dengan tirai gelap di siang hari, kenakan kacamata hitam di luar ruangan, atau gunakan layar antisilau pada komputer untuk membantu mengurangi rasa sakit.

Artikel lain:
Sakit Kepala Sebelah Belum Tentu Migrain, Ketahui Bedanya

 
Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."