Setop Mengelupas Kulit Bibir atau Tanggung Risikonya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rini Kustiani

google-image
Ilustrasi bibir kering dan pecah-pecah. Shutterstock.com

Ilustrasi bibir kering dan pecah-pecah. Shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Salah satu kebiasaan buruk sering dilakukan perempuan adalah mengelupas kulit bibir. Tangan rasanya tak bisa menahan diri untuk menyentuh bibir dan mengelupas permukaannya ketika terasa kering dan pecah-pecah. Bahkan ada juga yang sering mengelupas kulit bibir dengan alasan iseng.

Baca juga:
Cara Sederhana Membuat Bibir Selalu Mulus
Tips Memakai Lip Cream agar Bibir Tidak Kering

Mengelupas kulit bibir tak baik untuk kesehatan dan kecantikan. Setidaknya ada 3 efek samping dari kebiasaan mengelupas kulit bibir:

1. Menimbulkan iritasi dan luka
Hindari mengelupas kulit bibir ketika bibir kering dan pecah-pecah. Kulit bibir memiliki lapisan yang tipis dan sensitif, sehingga saat terkelupas akan menimbulkan luka dan iritasi.

2. Bibir menghitam
Akibat lain yang timbul karena sering mengelupas kulit bibir adalah bibir akan menghitam. Bekas luka dari kulit bibir yang terkelupas menjadi pemicu bibir berubah warna menjadi lebih gelap.

Ilustrasi bibir keriput. shutterstock.com

Artikel lainnya:
Agar Tetap Indah, Bibir juga Perlu Dirawat

3. Lipstik tak menempel sempurna
Ketika kulit bibir sering dikelupas, permukaan bibir kita menjadi tidak rata. Akibatnya, produk perona bibir seperti lipstik tidak bisa menempel dengan sempurna pada bibir. Selain itu, bekas luka dari pengelupasan itu juga akan membuat lipstik kurang melekat pada bibir.

TEEN

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."