Surat Kate Spade Suruh Anak Tanya Ayah: Dia Melawan Iblis

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rini Kustiani

google-image
Desainer asal Amerika Serikat, Kate Spade. (AP Photo/Bebeto Matthews)

Desainer asal Amerika Serikat, Kate Spade. (AP Photo/Bebeto Matthews)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Desainer fashion Kate Spade tewas bunuh diri di kamar apartemennya di New York pada Selasa, 5 Juni 2018. Dia gantung diri saat berada di rumah bersama suaminya, Andy Spade. Adapun anak semata wayangnya, France Beatrix Spade, 13 tahun sedang sekolah. Kate Spade meninggalkan sepucuk surat sebelum meninggal.

Baca juga:
Misi Label Kate Spade Tak Cuma Urusan Fashion
Profil Kate Spade, Kuliah Jurnalistik Banting Setir ke Mode

Dua hari setelah Kate Spade meninggal, Andy Spade mengungkapkan apa isi surat istrinya yang singkat itu. "Bea (panggilan France Beatrix). Aku selalu mencintaimu. Ini bukan salahmu. Tanyalah kepada ayah!" tulis Kate Spade. Mengutip Elle, Andy Spade mengirimkan surat panjang kepada The New York Times mengenai kondisi istrinya.

"Kate adalah wanita tercantik di dunia. Dia orang terbaik yang pernah saya temui dan menjadi teman baik saya selama 35 tahun," tulis Andy Spade sebagai pembuka surat. "Anak saya dan saya sangat hancur oleh kepergiannya dan kami tidak bisa hidup tanpa dirinya. Kami sangat hancur dan merindukannya selalu."

Andy Spade lantas menjelaskan kondisi Kate Spade yang mengakhiri hidupnya di usia 55 tahun. Menurut Andy Spade, istri sekaligus rekan kerjanya itu mengidap depresi dan gangguan kecemasan selama 5 tahun terakhir. "Dia sudah meminta bantuan kepada dokter untuk mengobati gangguan yang dialaminya, salah satu penyakit yang merenggut banyak nyawa," tulis dia.

Pada malam sebelum Kate Spade bunuh diri, Andy Spade mengatakan mereka telah bertemu dan saat itu kondisinya baik-baik saja, bahkan tampak bahagia. Tidak ada indikasi apapun yang menunjukan dia sedang cemas atau gundah karena suatu hal. "Ini sangat mengejutkan dan sama sekali bukan dirinya. Ada iblis yang berusaha dia lawan," tulis Andy Spade.

Artikel terkait:
Ciri Khas Tas Kate Spade yang Unik, Digemari Banyak Wanita
Desainer Kate Spade Tewas Bunuh Diri, Muncul Spekulasi Sebabnya

Mengenai kondisi pernikahan mereka yang kurang harmonis, Andy Spade mengakui itu. Lantaran tidak cocok, Andy Spade dan Kate Spade sudah pisah rumah sejak 10 bulan terakhir. Meski begitu mereka sepakat mengutamakan cinta untuk France Beatrix Spade, sehingga Andy dan Kate Spade sering berkunjung satu sama lain, dan mereka kerap makan dan liburan bersama layaknya keluarga yang harmonis. "Anak kami adalah prioritas. Kami tidak secara hukum bercerai dan tidak pernah membicarakan soal perceraian," tulis Andy Spade. "Kami saling mencintai dan kami hanya butuh istirahat."

Andy Spade menegaskan informasi sumir yang beredar di luar tidak benar. Kematian Kate Spade tak berkaitan dengan penyalahgunaan narkoba atau minum minuman beralkohol, bukan karena masalah bisnis yang mereka jalin bersama, dan tidak pula lantaran rumah tangga yang berantakan. "Kami adalah orang tua dari seorang anak yang cantik," kata Andy Spade seraya meminta semua pihak menghormati privasi putrinya karena masih berduka atas kepergian ibunya.

TABLOIDBINTANG

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."