Makan Sashimi, Ketahui Nutrisi antara Ikan Salmon dan Ikan Tuna

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rini Kustiani

google-image
Ilustrasi salad salmon. shutterstock.com

Ilustrasi salad salmon. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kamu yang doyan makan sashimi, daging ikan tuna dan salmon bisa menjadi pilihan yang dilematis. Selain enak, dua jenis ikan ini mengandung nutrisi yang tinggi.

Juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics di Amerika Serikat, Karen Ansel menjelaskan apa saja kandungan gizi yang ada di dalam daging ikan salmon dan ikan tuna. Berikut ini rinciannya:

1. Kalori, protein, dan lemak
Daging ikan salmon memiliki kalori lebih banyak daripada tuna. Namun, kalori dari salmon ini baik sebagai sumber energi tubuh. Jumlahnya pun sebenarnya tidak terlalu tinggi. Tiga ons daging ikan tuna mengandung 110 kalori, 24 gram protein, dan 278 miligram lemak omega-3. Sedangkan salmon dengan berat yang sama mengandung 160 kalori, 22 gram protein, dan 5 gram lemak.

Hide Yamamoto Salmon Sashimi di restoran Hide Yamamoto, Lotte Ambassador, Kuningan, Jakarta (20/5). TEMPO/Wisnu Agung Prasetyo

2. Kolesterol
Terdapat 55 miligram kolesterol yang terkandung dalam 100 gram ikan salmon. Jumlah ini lebih tinggi daripada kolesterol yang terkandung dalam ikan tuna. Dalam 100 gram tuna, terkandung 44 miligram kolesterol.

Genki Sushi. Foto.Johan Sompotan

3. Vitamin
Ikan salmon maupun tuna memiliki kandungan vitamin yang baik bagi tubuh, terutama vitamin B12. Vitamin ini penting untuk pembentukan sel darah merah, menjaga kesehatan sistem saraf, kulit dan mata, serta membantu menghasilkan energi. Salmon mengandung 45 persen vitamin B12, sedangkan ikan tuna mengandung 30 persen vitamin B12.

TEEN

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."