Ungu untuk Hari Perempuan Internasional

Aktivis hak-hak perempuan mengenakan baju berwarna ungu dalam perayaan Hari Perempuan Internasional di kota Quiapo, Filipina, 8 Maret 2018. REUTERS/Romeo Ranoco

ragam

Ungu untuk Hari Perempuan Internasional

Kamis, 8 Maret 2018 16:23 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Rita Nariswari

CANTIKA.COM, Jakarta - Untuk memperingati hari-hari spesial, kerap ada dress code khusus. Dan khusus Hari Perempuan Internasional yang diperingati pada 8 Maret, official colour yang ditetapkan adalah ungu.

Warna memang bisa memberi makna tertentu. Seperti pemilihan warna putih ketika Hillary Clinton maju dalam pemilihan presiden Amerika Serikat pada tahun 2016.

Kemudian saat #MeToo Movement, gerakan menentangkan penganiayaan oleh pria, warna yang dipilih kaum perempuan  adalah hitam.

Makna warna putih dan hitam, tampaknya sudah umum diketahui. Demikian juga merah muda yang dikenakan pada peringatan Hari Kanker Sedunia. Lantas, apa makna warna ungu?

Ungu merupakan perpaduan warna biru yang kalem dan merah yang penuh energi. Kedua  sifat yang banyak menjadi karakter perempuan. Dan warna ungu sering diasosiasikan dengan kekuatan, ambisi, kemewahan, dan kaum bangsawan.

Namun ungu ternyata punya kaitan  dengan spiritual, sesuatu yang sakral, dan penuh vitalitas.

Warna ungu juga mempunyai pengaruh khusus bagi tubuh dan pikiran, seperti mendorong spirit, kreativitas, tapi sekaligus menenangkan pikiran. Ternyata warna ungu, bermakna luar biasa, tepat lah digunakan di Hari Perempuan Internasional.   

fortune | bourncreative