6 Tips Solo Traveling untuk Perempuan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rita Nariswari

google-image
Ilustrasi naik gunung/berkemah/liburan/traveling. Shutterstock.com

Ilustrasi naik gunung/berkemah/liburan/traveling. Shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Tidak perlu takut untuk melancong sendiri. Meski tentunya sebagai perempuan, perlu persiapan dan pertimbangan lebih matang dalam menentukan banyak hal sebelum traveling. Seperti hal-hal berikut ini.

1. Destinasi ramah turis.

Apalagi bila Anda baru pertama kali melancong sendiri, wajib untuk mencari kota yang ramah turis. Artinya, turis bisa dengan mudah menemukan petunjuk ke berbagai  objek wisata dan transportasi pun banyak pilihan.

2. Tentukan objek wisata yang akan dikunjungi sebelum berangkat.

Untuk memudahkan selama traveling, pilih  objek wisata yang menarik bagi Anda sebelum berangkat. Dengan cara ini, rute pun sudah bisa dipastikan sebelum berangkat, dan Anda mudah mencari transportasi yang tepat pula. 

3. Cari akomodasi yang dekat dengan berbagai fasilitas.

Cari hotel yang tidak jauh dari  klinik atau rumah sakit, restoran, pasar swalayan. Bila bepergian sendiri, Anda harus rela membayar kamar hotel yang lebih tinggi demi kenyamanan dan keselamatan.

4. Berbusana tidak berlebihan.

Tinggalkan perhiasan dan berbusana yang terlalu mencolok. Selama traveling, usahakan berbaur dengan masyarakat lokal sehingga Anda tidak menonjol.

5. Fotokopi dokumen.

Simpan dokumen penting yang dibawa di dompet yang mudah dibawa ke mana-mana. Untuk cadangan, penting menyimpan fotokopinya. Hal ini ini akan memudahkan seandainya Anda terkena musibah, dokumen hilang. 

6. Komunikasi tak pernah putus.

Segera cek signal begitu tiba di kota tujuan. Bila Anda traveling ke  luar negeri, segera mencari nomor setempat dan kabarkan kepada keluarga nomor baru tersebut.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."