Busana Iriana Widodo Saat Kunjungi Kamp Pengungsi di Bangladesh

Reporter: Rini Kustiani
Editor: Rini Kustiani
Minggu, 28 Januari 2018 20:26 WIB
Busana Iriana Widodo Saat Kunjungi Kamp Pengungsi di Bangladesh

CANTIKA.COM, Bangladesh - Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Widodo melakukan kunjungan kenegaraan ke Bangladesh. Rombongan presiden tiba di Bandar Udara Cox's Bazar, Bangladesh pada Minggu, 28 Januari 2018. Presiden Jokowi dan Ibu Iriana tampak kompak mengenakan busana kasual berupa kemeja putih dipadu dengan celana panjang, serta sepatu keds.

Penampilan ini berbeda dari pilihan busana saat melakukan kunjungan kenegaraan pada umumnya. Biasanya Presiden Joko Widodo memakai setelan jas dan dasi, sementara Ibu Iriana Widodo memakai kebaya atau baju kurung yang dipadankan dengan kain, serta alas kaki berupa sepatu. Gaya kasual ini sama seperti busana blusukan yang biasa dipakai Presiden Jokowi dan Ibu Iriana Widodo.

Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Widodo tiba di Bandar Udara Cox's Bazar, Bangladesh pada Minggu, 28 Januari 2018. Kedatangan Presiden Joko Widodo dan Iriana Widodo disambut oleh Deputy Commisioner MD. Ali Hossain, Superintendent of Police (SP) Dr. AKM Iqbal Hossain, serta Staf Ahli Menteri Luar Negeri RI Bidang Kelembagaan Salman Al Farisi. Kredit: Kementerian Luar Negeri

Pilihan busana tersebut juga tak lepas dari agenda Presiden Jokowi yang akan mengunjungi kamp pengungsi di Bangladesh. Presiden Jokowi dan Ibu Iriana Widodo beserta rombongan terbatas berkunjung ke Kamp Jamtoli. Ini adalah salah satu tempat penampungan pengungsi dari Rakhine State yang ada di Bangladesh.

"Presiden menempuh perjalanan sepanjang 70 kilometer selama satu jam menuju tempat pengungsian melalui jalur darat dengan menggunakan mobil," kata
Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin dalam keterangan tertulis.

Dalam kunjungan ini, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana Widodo didampingi oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Koordinator Staf Khusus Teten Masduki, dan Duta Besar Indonesia untuk Bangladesh Rina Soemarno.

Setibanya di tempat pengungsian, Iriana Widodo melengkapi penampilannya dengan penutup kepala berwarna coklat motif bunga. Kemeja putih lengan panjangnya digulung hingga 3/4 dan sepatu keds bertali sebagai alas kakinya.

Presiden Jokowi berbicara dengan seorang anak laki-laki Rohingya bersama istrinya Iriana Joko Widodo di kamp pengungsi Jamtoli di Cox's Bazar, Bangladesh, 28 Januari 2018. Jokowi mengunjungi kamp pengungsi yang menampung ratusan ribu Muslim Rohingya. AP/Manish Swarup

Adapun Menteri Retno Marsudi memakai topi fedora berwarna krem dengan pita coklat tua. Di kamp pengungsi itu, Pemerintah Indonesia memberikan bantuan berupa pakaian, selimut, makanan tambahan dan peralatan penjernih air.

Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Widodo berada di Kamp Jamtoli, Bangladesh pada Minggu, 28 Januari 2018. Kamp Jamtoli adalah salah satu tempat penampungan pengungsi dari Rakhine State yang ada di Bangladesh. Pada kesempatan itu, Iriana Widodo memakai kemeja putih, celana hitam, dan sepatu keds, serta mengenakan pashmina sebagai penutup kepala. Kredit : Kementerian Luar Negeri

RINI K