Kiat Cermat Belanja Bahan Makanan di Pasar atau Supermarket

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rini Kustiani

google-image
Ilustrasi belanja kosmetik. Boldsky

Ilustrasi belanja kosmetik. Boldsky

IKLAN

TEMPO.CO, Jakarta - Belanja bahan makanan adalah kegiatan yang rutin dilakukan setiap hari atau saban minggu. Ketika berbelanja, ibu mesti teliti dengan kualitas bahan makanan dan cara pengemasannya.

Baca juga:
Perempuan Lebih Gampang Tergoda Belanja Tak Perlu, Ini Kata Pakar

Bahan makanan yang terjaga kesegarannya menentukan kulitasnya. Sehat sejak membeli, menyimpan, mengolah, sampai tersaji untuk seluruh anggota keluarga.

Berikut ini kiat cermat berbelanja bahan makanan di pasar tradisional maupun supermarket:

1. Sayuran dan buah segar
Pilih buah dan sayuran yang bersih. Jangan ada bagian yang buruk atau memar karena ini pertanda buah dan sayur tersebut sudah tak bagus kualitasnya.

2. Bahan makanan kaleng
Pilih makanan kaleng yang bentuk kemasannya masih sempurna, tidak bengkok apalagi berkarat. Pastikan juga tak ada bau atau setitikpun bocor yang membuat isi makanan kaleng sedikit keluar.

Ilustrasi belanja di supermarket. TEMPO/Dinul Mubarok

3. Bahan makanan yang diberi es
Ketika membeli ikan, buah dan sayur yang sudah dipotong dan dikemas, pastikan hanya mengambilnya dari lemari pendingin atau wadah yang diberi es. Pilihlah produk yang paling banyak karena kemungkinan belum mengalami kenaikan suhu.

4. Pisahkan bahan makanan
Pastikan untuk memisahkan kantong atau tas belanjaan yang berisi sayur dan buah dengan daging atau makanan laut.

Ilustrasi pasar tradisional. TEMPO/Aditia Noviansyah

5. Makanan kemasan
Untuk makanan atau minuman berkemasan yang siap santap, perhatikan tanggal kedaluwarsa dan tanggal pembuatannya. Selain itu, pastikan kemasan tidak rusak.

BISNIS

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."