Ilustrasi orang tua bicara dengan anak. Shutterstock

relationship

Mengulik Gaya Parenting Helikopter, Kelebihan dan Kekurangannya

Jumat, 19 Januari 2024 21:00 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, Jakarta - Tak seorang pun bisa mengklaim bahwa mengasuh anak itu mudah, dan setiap keluarga harus menemukan gaya parenting dengan caranya sendiri. Baik Anda akan menjadi orang tua untuk pertama kalinya atau anak Anda sedang dalam masa transisi dari fase bayi baru lahir, masuk akal untuk mencoba mencari tahu gaya pengasuhan yang tepat untuk Anda. Mengasuh anak dengan helikopter adalah pilihan yang umum, meskipun mendapat banyak kritik selama beberapa tahun terakhir.

Kemungkinan besar Anda setidaknya pernah mendengar tentang gaya parenting helikopter sebagai pendekatan mengasuh anak sebelumnya, namun Anda mungkin bingung mengenai detailnya. Inilah yang termasuk dalam pengasuhan helikopter, ditambah keuntungan dan kerugian menggunakan metode ini untuk keluarga Anda.

Apa Itu Gaya Parenting Helikopter?

Gaya Parenting Helikopter merupakan salah satu bentuk pengasuhan anak dimana orang tua sangat dekat dengan anaknya. “Helicopter parenting adalah gaya mengasuh anak yang ditandai dengan keterlibatan berlebihan dan perlindungan berlebihan terhadap anak,” kata Alisa Ruby Bash, PsyD, terapis pernikahan dan keluarga berlisensi di Malibu, CA. “Orang tua yang menerapkan pola asuh helikopter cenderung memonitor dan mengontrol aktivitas anak mereka secara ketat, sering kali melayang di atas mereka seperti helikopter.”

Orang tua helikopter "sangat fokus pada anak" dan cenderung melakukan banyak hal untuk anak mereka, kata Robert Keder, MD, dokter anak yang berspesialisasi dalam perilaku perkembangan di Connecticut Children's Medical Center. Orang tua helikopter biasanya “berniat baik dan didorong oleh keinginan untuk memastikan kesuksesan dan keselamatan anak,” kata Dr. Bash.

Seperti Apa Pola Asuh Helikopter?

Pola asuh helikopter mungkin terlihat sedikit berbeda untuk setiap keluarga. Namun, para ahli mengatakan ada beberapa tanda utama dari induk helikopter:

<!--more-->

Keterlibatan berlebihan

“Orang tua helikopter cenderung sangat terlibat dalam kehidupan sehari-hari anak mereka, mulai dari tugas sekolah dan kegiatan ekstrakurikuler hingga hubungan sosial,” kata Dr. Bash. "Mereka mungkin mengatur jadwal dan pilihan anak mereka secara mikro."

Pengawasan terus-menerus

“Orang tua helikopter dapat memantau dengan cermat aktivitas online, persahabatan, dan keberadaan anak mereka,” kata Dr. Bash. “Saat anak-anak masih kecil, mereka mungkin akan melayang-layang di atasnya di taman bermain untuk melindungi mereka agar tidak terjatuh atau terluka.” Orang tua helikopter bahkan mungkin menyela saat bermain untuk memberi tahu anak mereka apa yang harus dilakukan, kata Dr. Keder. Seiring bertambahnya usia anak-anak, orang tua helikopter bahkan mungkin pergi bersama anak mereka ke acara sosial atau kegiatan sekolah, Dr. Bash menjelaskan.

Sikap terlalu protektif

"Orang tua helikopter cenderung melindungi anak-anak mereka dari kekecewaan, kegagalan, atau kesulitan, berusaha mencegah mereka menghadapi tantangan atau membuat kesalahan, kata Dr. Bash.

Kontrol pengambilan keputusan

"Orang tua helikopter dapat mengambil sebagian besar keputusan untuk anak mereka, mulai dari memilih kegiatan ekstrakurikuler hingga memilih teman atau bahkan jalur karier mereka," kata Dr. Bash.


Pro dan Kontra Pengasuhan Helikopter

Seperti semua hal lainnya, ada keuntungan dan kerugian menggunakan jalur pengasuhan helikopter. Dengan pola asuh helikopter, “orang tua merasa nyaman karena mengetahui bahwa segala sesuatunya sudah selesai, dan mereka selesai sesuai keinginan mereka,” kata Gina Song, MD, dokter anak di Northwestern Medicine Delnor Hospital. “Terkadang hal ini nyaman dan bahkan lebih mudah serta tidak terlalu berisiko dibandingkan membiarkan anak-anak mandiri.”

Anak-anak yang dibesarkan oleh orang tua helikopter “mungkin merasa nyaman tanpa mengambil risiko dan meminta orang tua melakukan sesuatu untuk mereka,” kata Dr. Song. Orang tua helikopter juga sering kali menjalin hubungan yang dekat dan positif dengan anak mereka, kata Dr. Keder.

Namun mengasuh anak dengan helikopter masih jauh dari sempurna. “Anak-anak yang dibesarkan oleh orang tua helikopter mungkin kesulitan dalam mengambil keputusan, memecahkan masalah, dan mengambil inisiatif karena terbatasnya peluang mereka untuk mandiri,” kata Dr. Bash. Anak-anak ini juga dapat mengembangkan kecemasan dan ketakutan akan kegagalan, karena mereka tidak terbiasa menghadapi tantangan sendiri, katanya. “Anda ingin memberi anak-anak kesempatan untuk mencoba hal-hal baru, sementara kita diam-diam berada di sana dengan jaring pengaman,” jelas Dr. Keder.

Dr Bash setuju. “Menyeimbangkan keterlibatan dan kemandirian sangat penting dalam mengasuh anak,” katanya. “Meskipun penting untuk memberikan dukungan dan bimbingan, orang tua juga harus memberikan kebebasan kepada anak-anak mereka untuk membuat pilihan, belajar dari kesalahan, dan mengembangkan kemandirian.”

Dengan pola asuh helikopter, “kelihatannya orang tua terus-menerus membersihkan anak mereka,” secara fisik dan emosional, kata Dr. Keder. Orang tua helikopter sering kali mengambilkan mainan anak mereka, alih-alih mengajari mereka melakukannya. “Jika Anda selalu membersihkannya, mereka tidak akan pernah belajar membersihkan diri mereka sendiri,” kata Dr. Keder.

“Bahkan ada orang tua helikopter dari mahasiswa yang akan menelepon dan bertanya kepada profesor mengapa mereka melakukan ini dan itu,” kata Dr. Keder. "Mahasiswa seharusnya menanyakan pertanyaan itu sendiri."

Pengasuhan helikopter tentu saja tidak sempurna, meski memiliki beberapa manfaat. Ketika memilih cara menjadi orang tua, Dr. Keder merekomendasikan untuk mengambil elemen yang Anda sukai dari gaya pengasuhan yang berbeda. Ia berkata, "Secara keseluruhan, tujuannya adalah untuk memikirkan bagaimana kita membantu anak kita menjadi aman dan tenteram seiring berjalannya waktu, sekaligus mendorong perkembangan mereka."

Pilihan Editor: Psikolog Ungkap Gaya Parenting Ayah: Disiplin, Hangat, dan Aktivitas

POP SUGAR

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika