Memilih produk skincare berbahan alami bisa memberi dampak baik bagi lingkungan. Sumber foto: Canva

kecantikan

Jangan Asal Pilih, Ketahui Manfaat Bahan Skincare yang Sesuai Masalah Kulit Wajah

Selasa, 6 Juni 2023 22:30 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, Jakarta - Kata-kata seperti warna kulit yang merata, kulit bercahaya, dan kulit cemerlang sering digunakan dalam industri kecantikan, termasuk skincare. Namun, perlu diingat, efek kosmetik pada kesehatan kulit bisa beda-beda tergantung pada beberapa faktor penting. Faktor-faktor ini termasuk bahan yang digunakan dalam produk, jenis kulit, sensitivitas kulit kamu, dan cara pakai produk tersebut.

Beberapa kosmetik, terutama yang berat atau berminyak, bisa menyumbat pori-pori dan berkontribusi pada jerawat, bahkan bisa memperburuk jerawat yang sudah ada. Di sisi lain, beberapa produk kosmetik yang mengandung alkohol atau bahan-bahan keras bisa menghilangkan minyak alami kulit, membuat kulit jadi kering dan iritasi.

Makanya, penting banget buat memilih kosmetik yang cocok buat jenis kulit kamu dan perhatiin bahan-bahannya. Jangan lupa lakukan tes patch atau konsultasi sama ahli kecantikan atau dokter kulit buat tau apa produknya cocok buat kamu.

Yang paling penting, pakai kosmetik dengan bijak. Bersihin wajah kamu dengan baik setelah pakai produk kosmetik dan jangan terlalu bergantung pada kosmetik agar mendapatkan hasil yang kamu mau. Perawatan kulit yang komplit, termasuk pola makan sehat, tidur yang cukup, dan perlindungan dari sinar matahari, juga penting buat jaga kesehatan kulit kamu.

Kalau kamu terlalu sering atau terlalu banyak menggunakan produk kosmetik tertentu, seperti pengelupasan kulit yang kuat atau pengelupasan kimiawi, kulitmu bisa jadi sensitif dan lebih rentan terhadap iritasi dan kerusakan. Jadi, penting banget buat kenal sama bahan-bahan yang ada di kosmetikmu dan hindari bahan-bahan yang bisa bikin iritasi atau alergi di kulitmu.

Dalam sebuah wawancara dengan HT Lifedata-style, Dr. Karuna Malhotra, Ahli Kosmetologi dan Dokter Estetika dari Klinik Kulit Kosmetik di New Delhi, berbagi beberapa tips buat dapetin kulit yang cerah dan bercahaya. Misalnya, kalau area pipimu ada bercak-bercak gelap atau pigmentasi atau kalau kamu punya jerawat di dahi dan rahang atau kulitmu keliatan kusam.

Di bawah ini rekomendasi bahan skincare yang bisa kamu cari di kosmetikmu untuk bantu jaga kesehatan kulitmu. Apa saja?

<!--more-->

1. Vitamin C

Vitamin C punya banyak manfaat, lho! Antioksidannya yang tinggi bisa mencegah hiperpigmentasi, garis halus, dan kerutan. Selain itu, vitamin C juga bisa ngatur produksi melanin, jadi bercak hitam yang disebabkan oleh jerawat atau paparan sinar matahari bisa dikendalikan. Ini juga bisa ngecerahkan bintik hitam di kulit, bikin kulit terlihat lebih cerah secara keseluruhan. Buat yang mau cobain, vitamin C ini paling efektif dipakai di pagi hari. Sumber alami vitamin C ada di buah jeruk seperti jeruk, kiwi, lemon, stroberi, jeruk bali, dan juga tomat serta paprika, dll.

2. Kopi

Yap, kamu nggak salah denger. Kopi ternyata juga punya efek bagus buat kulit dan tubuh kita. Minum kopi bisa bikin kita lebih waspada, berenergi, dan semangat buat hadapi hari. Tapi tahukah kamu, kopi juga bisa membantu ngangkat sel kulit mati dan merangsang pertumbuhan sel kulit baru? Selain itu, kopi juga bisa menghilangkan kantung mata, lho. Banyak yang mengoleskan kopi di area bawah mata buat ngilangin lingkaran hitam. Nah, tapi yang mungkin belum kamu tau, minyak biji kopi juga bisa melembapkan, melunakkan, dan menyegarkan wajah. Jadi, kulitmu bisa jadi lebih bercahaya nih setelah pakai minyak biji kopi.

3. Kunyit

Kunyit tak hanya mengandung antioksidan yang kuat, tapi juga punya sifat anti-inflamasi, antibakteri, dan anti-neoplastik (maksudnya ngebantu tahan pembentukan tumor pada melanoma). Banyak gangguan kulit seperti eksim, psoriasis, luka bakar, luka, dan jerawat juga bisa diobati dengan kunyit. Selain itu, kunyit juga menjanjikan buat nyembuhin kerusakan kulit akibat sinar matahari dan penuaan kulit, yang bikin kulit keliatan lebih muda.

4. Minyak zaitun

Buat yang punya kulit sensitif, minyak zaitun ini oke banget buat melembapin kulit. Penelitian in vitro menunjukkan kandungan bioaktif di minyak zaitun bisa bantu pertumbuhan fibroblas dewasa, yang berguna buat regenerasi jaringan ikat kulit dan bikin kulit keliatan lebih muda. Selain itu, minyak zaitun juga sering dipakai buat obati jerawat dan cepetin penyembuhan luka dan luka bakar yang ringan.

5. Minyak jojoba

Nggak ada salahnya kamu tambahkan minyak jojoba ke rutinitas perawatan kulitmu sehari-hari. Ada alasan bagus untuk itu, nih. Minyak jojoba murni bisa dipake buat ngatasi kulit kering, jerawat, dan masalah kulit lainnya, menurut penelitian yang ada. Padahal, minyak jojoba ini produk botani, tapi kulitmu bakal bingung bedain sama minyak (sebum) yang diproduksi alami sama tubuhmu. Dengan pake minyak jojoba, wabah dan jerawat bakal lebih dikendalikan karena nggak banyak penumpukan di kulitmu dan pori-pori bakal lebih lancar.

6. Asam Hyaluronic

Nah, ini dia humektan alami yang ada di tubuhmu, asam hyaluronic. Asam ini bantu ngelembabin dan menjaga kulit tetap terhidrasi sepanjang waktu. Buat dapetin asam hialuronat alami, kamu bisa cari dari kentang, makanan berbahan dasar kedelai, anggur merah, alpukat, almond, sayuran hijau, dan sejenisnya. Jadi, kulitmu bakal tetap terjaga kelembapannya dengan alami.

7. Tea tree oil

Dalam perawatan kulit, tea tree oil udah lama banget dipake, nih. Manfaatnya pun beragam. Seperti, buat mengatasi iritasi kulit, kemerahan, dan jerawat. Tea tree oil ini juga memiliki sifat yang anti-mikroba, anti-jamur, dan anti-peradangan. Kalau dipake langsung di kulit, bisa buat banyak hal, seperti ngelembabin kulit, menghilangkan bekas luka, dan mencegah infeksi kulit. Cocok juga buat kamu yang memiliki kondisi kulit seperti eksim dan psoriasis.

8. Aloe vera

Studi menunjukkan bahwa tanaman lidah buaya ini efektif buat ngatasi berbagai masalah kulit dan punya banyak manfaat terapeutik. Lidah buaya bisa jadi penyembuh organik buat kulit. Pake gel lidah buaya bisa mengurangi bekas luka dan melawan infeksi bakteri. Bahkan bisa buat nyembuhin kondisi kulit parah, kayak eksim, psoriasis, dan cacar. Selain itu, lidah buaya juga berperan sebagai agen anti-penuaan dengan mengurangi kantong mata hitam, mencegah terbakar sinar matahari, dan mencegah keriput.

Pilihan Editor: 3 Bahan Skincare Ini Tidak Boleh Dipakai Bersamaan dengan Retinol

WIDYA FITRIANINGSIH | HINDUSTAN TIMES

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika