Hafizh Weda setelah konferensi pers serial Netflix, Klub Kecanduan Mantan di Hutan Kota by Plataran, Jakarta Pusat, Senin, 10 April 2023. TEMPO/Marvela

karir

Debut Akting di Klub Kecanduan Mantan, Begini Cara Hafizh Weda Mendalami Karakter

Senin, 17 April 2023 10:00 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Musikus, Hafizh Weda berperan sebagai Kevin di Klub Kecanduan Mantan (KKM). Di serial situasi komedi Netflix itu, Weda sapaan akrabnya debut sebagai aktor. Sama seperti kita dalam memulai langkah pertama melakukan apa pun, Weda menjalani tahap ragu, panik, dan penyesuaian di situasi baru.

"Waktu awal, itu selama latihan akting, panik, diam, menyendiri, sampai acting coach-nya nanya 'lo ada masalah apa'," ujar Weda ditemui di Jakarta Pusat, pada Senin 10 April 2023.

Selain berjuang menghadapi rasa ragu dari dalam diri, kala itu, Weda juga masih menyesuaikan diri karena masih belum percaya bisa beradu akting dengan para aktor dan aktris yang selama ini dia tonton di gawai.

Untuk mengatasi rasa paniknya, pria 30 tahun itu mengaku terbuka berbagi rasa dengan lawan main hingga kru. "Wah, beruntung mereka mau men-support. Ngobrol sama mereka semua. "Iya, bang gue dari musik sebelumnya'. Dan respons mereka, 'oke, yuk kita bareng-bareng'. Jad, gue ngomong ke diri sendiri, 'oke yuk belajar'," ucap vokalis band Manusia Aksara itu.

Dukungan Terbesar dari Chicco Kurniawan dan Andri Mashadi

Bicara soal dukungan terbesar yang membuat nyaman di lokasi syuting, Weda menyebut nama dua aktor lainnya di KKM, yakni Chicco Kurniawan dan Andri Mashadi. Di mata Weda, selain karena sesama laki-laki, keterbukaan Chicco dan Andri merangkul dirinya yang baru kali pertama berperan membuat mereka cepat akrab.

"Chicco sama Andri yang paling (mendukung), mereka tuh punya segudang pengalaman dan gak pelit berbagi, mereka nurunin ke gue. Gue selalu bilang ke mereka, 'gue panik, gue takut salah, gue takut ini, gue lemah sekali dalam penghafalan skrip'. Mereka selalu bilang 'skrip itu cuma panduan, sisanya lo kembangin, lo nikmatin aja alurnya. lo salah, kita tungguin'," kenang Weda.

Mendengar dukungan tersebut, Weda semakin memacu diri untuk belajar dan beradaptasi lebih keras.

"Mereka support (mendukung) banget. Akhirnya ada tanggung jawab tersendiri kayak oke satu dua kali salah, gapapa. Yang ketiga gue ga boleh salah. Peran paling penting lancarnya gue memerankan kevin itu, Chicco dan Andri," ujarnya.

(kiri ke kanan) Andri Mashadi, Agatha Pricilla, Chicco Kurniawan, Rachel Amanda, dan Hafizh Weda menghadiri konferensi pers serial Netflix, Klub Kecanduan Mantan di Hutan Kota by Plataran, Jakarta Pusat, Senin, 10 April 2023. TEMPO/Marvela

Cara Hafizh Weda Mendalami Karakter Kevin

Weda mengaku menonton serial komedi sekaligus mengamati gestur sejumlah musikus membantu dia memahami karakter Kevin. Pria penggemar anime itu mengatakan tim dari Wahana Kreator memberikan referensi salah satu serial komedi untuk dipelajari, kemudian dia kembangkan dengan versinya.

"Gue sendiri juga liat ke musisi, apa ya musisi yang seperti Kevin yang bisa gue pake, gue liat Jared Letto, Young Blood, penyanyi pop punk, sama vokalisnya The All American Reject. Dia cowok manly, tapi (gesturnya) semua orang butuh gue. Jadi, kurang lebih gitu gue cari referensi untuk mendalami karakter, selain ngobrol banyak," jelasnya.

Weda juga kerap melakukan riset di mesin pencarian seperti ciri-ciri orang sombong, mengingat salah satu karakter Kevin doyan pamer harta alias flexing.

Selain membekali diri dengan beragam referensi, Weda punya ritual khusus untuk menyelami karakter Kevin setibanya di lokasi syuting. Biasanya, dia meminta waktu sekitar 10 menit untuk menyeruput kopi atau merokok di suatu ruangan. Adakalanya dia menyendiri di toilet, yang dianggapnya salah satu tempat ampuh mendalami karakter.

"Ritualnya itu aja, diem di ruangan. Sekitar 10 menit atau sehabisnya rokok atau di toilet untuk memperdalam karakter," ucapnya.

Baca juga: Cerita Agatha Pricilla Perankan Rasya di Klub Kecanduan Mantan

Hafizh Weda sebagai Kevin dalam serial komedi situasi Klub Kecanduan Mantan. Dok. Netflix

Perbedaan Karakter Kevin dan Hafizh Weda

Weda mengungkapkan salah satu tantangan memerankan Kevin adalah dari cara berpakaian. Sebab gaya busana dia jauh berbeda dengan Kevin. Dalam kehidupan nyata, Weda nyaman bergaya kasual dengan kaus, jaket, celana panjang, dan sepatu kets. Sementara outfit Kevin lebih parlente dan formal.

"Di sana (penampilan busana) total berubah. Itu jadi tantangan tersendiri, selain naskahnya," ucap pria yang pernah bergabung ke Teater Kawula Muda semasa sekolah menengah pertama (SMP).

Dalam hal melupakan mantan, Weda mengaku juga berbeda dari tokoh Kevin. Dia tipe yang mudah move on dari mantan.

"Saya tipe yang move on melupakan, yaudahlah yang lalu biarlah berlalu. Lumayan cukup mudah. Karena biasanya dituanginnya dengan mengerjakann sesuatu seperti membuat lagu. Jadi ada manfaatnya, ya lupa aja. Kalau fase sampe sedih banget, mungkin di zaman SMA, diputusin, diselingkuhin, itu nangis. Di fase usia 25 tahun ke atas, sedih wajar, cuma ga kayak dulu lagi. Hidup terus berlanjut, jalan terus," ujarnya.

Selain dibintangi Hafizh Weda, Klub Kecanduan Mantan dibintangi oleh Chicco Kurniawan, Agatha Pricilla, Andri Mashadi, dan Rachel Amanda. Serial 10 episode ini bakal tayang di Netflix pada Kamis, 20 April 2023.

Pilihan Editor: 5 Fakta Menarik Klub Kecanduan Mantan

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika