Ilustrasi wanita tidur bermasalah. Freepik.com/Jcomp

kesehatan

PCOS Bisa Sebabkan Gangguan Tidur, Begini Penjelasan Ahli

Jumat, 7 April 2023 19:00 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Sindrom ovarium polikistik atau PCOS, menurut para ahli, dapat menyebabkan gangguan tidur pada beberapa wanita. Kok, bisa? Kondisi itu terkait dengan ketidakseimbangan hormon yang identik dengan penderita PCOS

"Gangguan tidur adalah karakteristik penting dari PCOS, dan penilaian status kesehatan pada PCOS harus mencakup perhatian terhadap kualitas tidur dan pendekatan yang tepat untuk mengurangi gangguan ini," kata Lovneet Batra, ahli gizi, dikutip dari The Indian Express, pada Rabu, 5 April 2023.

Kaitan PCOS dengan Gangguan Tidur

"Baru-baru ini, kami telah menemukan bahwa PCOS dan gangguan tidur saling berkorelasi. Umumnya, gangguan tidur dan rasa kantuk yang berlebihan di siang hari terjadi pada beberapa pasien PCOS," kata Dr. Deepthi Bawa, Konsultan Ginekolog, Ahli Bedah Laparoskopi dan Histeroskopi, Pengobatan Reproduksi dan Bayi Tabung, Rumah Sakit SPARSH, India.

Menurut beberapa penelitian, kurang tidur hampir 1,5 kali lebih sering terjadi pada pasien PCOS dibandingkan dengan non-PCOS.

Dr. Bawa menjelaskan bahwa secara umum, dua hormon bertanggung jawab untuk tidur, yakni melatonin dan kortisol. Namun, pada pasien PCOS, kedua hormon ini tidak diproduksi atau dikeluarkan secara normal. Walhasil, aa banyak gangguan dalam pelepasannya. "Karena hal itu, dapat terjadi berbagai macam gangguan tidur," jelasnya.

Sependapat dengan hal tersebut, Dr. M. Rajini, Konsultan Senior - Kebidanan dan Kandungan, Rumah Sakit CARE, Banjara Hills, Hyderabad, India, menambahkan, "Insomnia, sleep apnea, dan sindrom kaki gelisah adalah beberapa gangguan tidur yang umum terjadi yang berhubungan dengan PCOS."

Ketidakseimbangan hormon, khususnya peningkatan kadar androgen, dapat menyebabkan gangguan tidur pada wanita dengan PCOS. Selain itu, obesitas, yang sering terlihat pada wanita dengan PCOS, juga dapat menyebabkan gangguan tidur.

<!--more-->

Yang Sebaiknya Diminum atau Dimakan Penderita PCOS sebelum Tidur

Berikut adalah beberapa kebiasaan malam hari yang disarankan oleh para ahli untuk membantu penderita PCOS mendapatkan tidur yang nyenyak:

1. Konsumsi satu sendok teh biji chia yang direndam dalam air. Biji ini kaya akan asam lemak omega-3 dan serat. Bukan cuma itu, minuman tersebut membantu mengatur kadar testosteron dan meningkatkan kualitas sel telur.

2. Minum segelas air saffron. Sebagai rempah-rempah yang menenangkan, saffron membantu memerangi kecemasan dan depresi, efek umum dari PCOS. Hal ini juga membantu mengurangi kadar testosteron.

3. ½ sendok teh bubuk ashwagandha dengan kacang yang telah direndam. Ashwagandha membantu mengurangi kadar kortisol (kadar hormon stres) dalam tubuh.

4. Makanlah dua potong kelapa. Kelapa memiliki kadar asam lemak rantai menengah yang tinggi yang meningkatkan metabolisme dan tingkat energi dan membantu mengatur tingkat sekresi insulin.

5. Makan satu sendok makan biji labu panggang. Biji labu mengandung beta-sitosterol yang menghambat enzim yang mengubah testosteron menjadi DHT, yang dapat membantu mengurangi kerontokan rambut. Biji labu juga mengandung asam lemak esensial (EFA) yang dibutuhkan tubuh kita.

Baca juga: 7 Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Penderita PCOS

Pola Gaya Hidup Sehat untuk Penderita PCOS

Wanita dengan PCOS sering disarankan untuk mengikuti diet indeks glikemik (GI) rendah, yang berfokus pada konsumsi makanan yang tidak menyebabkan lonjakan kadar gula darah. Beberapa contoh makanan rendah GI termasuk biji-bijian, sayuran, buah-buahan, dan protein tanpa lemak.

Selain itu, dianjurkan untuk mengurangi asupan makanan olahan, minuman manis, serta lemak jenuh dan lemak trans. Mengonsumsi lemak sehat, seperti yang ditemukan dalam alpukat, kacang-kacangan, dan ikan berlemak, juga dapat bermanfaat bagi wanita dengan PCOS.

Olahraga juga dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan membantu mengelola berat badan, yang selanjutnya dapat memperbaiki gejala PCOS. Teknik manajemen stres, seperti meditasi dan yoga, dapat membantu mengurangi dampak stres pada tubuh. Terakhir, tidur yang cukup penting untuk kesehatan secara keseluruhan dan dapat membantu memperbaiki gejala PCOS yang berkaitan dengan gangguan tidur.

Pilihan Editor: 5 Cara Mengatasi Mood Swing bagi Penderita PCOS

WIDYA FITRIANINGSIH | THE INDIAN EXPRESS

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika