Dior mengubah Gateway of India di Mumbai menjadi runway untuk peragaan busana pertamanya di India pada Kamis, 30 Maret 2023 (tangkapan layar YouTube)

mode

5 Fakta Menarik Fashion Show Pertama Dior di India

Minggu, 2 April 2023 15:00 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Pada akhir Maret silam, tepatnya 30 Maret 2023, rumah mode Dior untuk kali pertama menghelat peragaan busana atau fashion show di India. Di fashion show tersebut, Dior memamerkan 99 busana koleksi pra-musim gugur atau pre-fall collection 2023. Acara fashion show Dior ini merupakan terobosan baru bagi fashion di India agar semakin dikenal oleh masyarakat dunia.

Berikut sederet fakta menarik fashion show pertama Dior

1. Lokasi Fashion Show di Monumen Bersejarah

    Fashion show Dior digelar di tempat bersejarah, Gateway of India, Mumbai, India. Situs warisan tersebut merupakan sebuah monumen yang dibangun oleh Inggris pada awal abad ke-20. Beratapkan langit, Dior menyulap area di sekitar monumen Gateway of India dengan dekorasi tradisional India.

    2. Bekerja Sama dengan Sekolah Kerajinan Chanakya International

    Dalam hal detail bordir dan payet, direktur kreatif, Maria Grazia Chiuri, bekerja sama dengan Chanakya International. Maria diketahui telah bekerja sama dengan sekolah seni dan kerajinan yang berbasis di Mumbai itu selama lebih dari 20 tahun atau dua dekade. Sebagian besar pekerjaan menyulam yang terlihat pada koleksi rumah mode terkemuka seperti Dior atau Gucci dibuat di Mumbai, tetapi tidak banyak yang menyadarinya.

    Dari kerja samanya dengan Chanakya, Maria mengaku belajar banyak tentang teknik bordir India.

    "Melalui hubungan dengan Chanakya inilah saya dapat belajar banyak tentang teknik bordir artisanal, yang masih ditemukan di setiap wilayah India, dan kemampuan unik dari Chanakya Atelier untuk berdialog dengan industri mode," ungkapnya di Instagram pada 14 Maret 2023.

    Komitmen dan ketekunan perempuan di sekolah Chanakya juga menjadi pemantik Chiuri menggelar fashion show di India. Sepertinya Chiuri ingin mereka lebih dikenal di mata dunia dan bagian dari gerakan pemberdayaan perempuan atau empowerment women.

    <!--more-->

    3. Detail Koleksi yang Terinspirasi Kain Sari

    Menampilkan gaun sutra, mantel panjang, dan rok, koleksi Dior pre-fall 2023 terinspirasi dari kain sari yang merujuk pada siluet tradisional India. Peragaan dibuka dengan serangkaian warna netral, kemudian bertransisi secara halus ke warna kehijauan sebelum berganti dengan warna-warna cerah dan beragam pola. Sepanjang peragaan, sebagian besar model mengenakan kalung mutiara yang melingkar di leher mereka.

    4. Eyeliner Hitam Pekat jadi Highlight Riasan

    Dalam detail riasan para model, eyeliner hitam menjadi highlight. Perona mata hitam pekat dengan menggunakan kohl, celak hitam, salah satu produk riasan yang secara tradisional digunakan di India.

    “Perona mata hitam, kohl liner hitam, dan riasan mata hitam pekat sangat khas India,” ujar Peter Philips, penata rias Christian Dior.

    Philips mengatakan, sang direktur kreatif meminta dia untuk menciptakan riasan smokey eyes hitam intens dengan tampilan basah. Dia pun menghimpun kumpulan gambar dengan foto-foto vintage dari India sebagai referensi.

    Dior menggelar peragaan busana pertamanya di India pada Kamis, 31 Maret 2023 (tangkapan layar Youtube)

    Philips menggunakan eye shadow hitam Dior Mono Couleur Couture pada kelopak mata dan Diorshow Khôl hitam di sekitar akar bulu mata, lalu membubuhkan sentuhan Vaseline di atas bayangan mata.

    Pada kulit, dia menggunakan Dior Forever Skin Glow untuk hasil akhir yang bercahaya dan bedak di zona-T, di sekitar hidung model dan di atas alis mereka. Pewarna bibir warna nude.

    Sementara untuk rambut, penata rambut, Guido Palau menciptakan gaya rambut unik untuk Dior. Rambut model memiliki gelombang jari yang dibuat alami. “Sepertinya agak jazzy. Seperti foto-foto lama klub malam tahun 20-an dan 30-an,” ujar Philips.

    5. Dihadiri Para Selebriti Dunia

    Fashion show pertama Dior di India dihadiri oleh para selebriti papan atas dari seluruh dunia, termasuk banyak bintang Bollywood, pemengaruh, serta selebriti internasional.

    Sonam Kapoor, Anushka Sharma, Virat Kohli, Karisma Kapoor, Shweta Bachchan, Natasha Poonawala, Khushi Kapoor, Ananya Panday, Isha Ambani, Radhika Merchant, Mira Rajput dan masih banyak lagi yang terlihat tiba di acara yang bertabur bintang ini.

    Aktris veteran Rekha, membuat heboh ketika dia tiba dengan mengenakan sari Kanjeevaram berwarna emas dengan bahan sutra yang cantik. Hadir pula aktor Rekha yang legendaris, ikon mode Sonam Kapoor Ahuja dan Anushka Sharma, ditemani oleh suaminya, pemain kriket India Virat Kohli.

    Selebriti Barat yang berasal atau keturunan India, seperti Freida Pinto, Simone Ashley dari Bridgerton, sitaris Anoushka Shankar, dan pemimpin redaksi Vanity Fair, Radhika Jones.Tamu lainnya termasuk aktor Maisie Williams dari Game of Thrones dan aktor Thailand, Mile dan Apo dari KinnPorsche.

    Pilihan Editor: Dior Bakal Gelar Fashion Show Pertama di India, Sang Direktur Kreatif Ungkap Alasannya

    WIDYA FITRIANINGSIH | THE INDIAN EXPRESS | WWD | PINK VILLA

    Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika