Ilustrasi pasangan bertengkar. Foto: Freepik.com/Drazen Zigic

cinta

7 Tips Melindung Diri dari Power Play dalam Hubungan, Apa Itu?

Sabtu, 18 Maret 2023 07:00 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, Jakarta - Bicara kekuasaan dalam hubungan bisa sangat merusak dan melelahkan secara mental dan diketahui telah menyebabkan perasaan frustrasi, sakit hati, dan pengkhianatan. Namun, ada cara untuk melindungi diri Anda dari manipulasi atau kontrol pasangan Anda.

Berikut adalah tujuh cara cerdas untuk melindungi diri dari permainan kekuasaan dalam suatu hubungan.

1. Identifikasi tanda-tandanya

Langkah pertama adalah mengenali tanda-tandanya. Ini bisa berupa manipulasi, gaslighting, dan bentuk pelecehan emosional lainnya. Waspadai taktik yang digunakan pasangan Anda untuk mengendalikan Anda.

2. Tetapkan batasan

Menetapkan batasan yang jelas dengan pasangan Anda sangat penting untuk kesehatan mental Anda sendiri dan juga untuk kewarasan hubungan Anda. Jadilah spesifik tentang apa yang akan dan tidak akan Anda toleransi, dan komunikasikan batasan Anda dengan jelas.

3. Komunikasi asertif

Komunikasi yang efektif sangat penting untuk melindungi diri Anda dari permainan kekuasaan. Ini melibatkan pengungkapan kebutuhan dan keinginan Anda dengan jelas, sambil juga menghormati perasaan pasangan Anda.

4. Mengembangkan support system

Memiliki sistem pendukung atau support system yang kuat di luar hubungan Anda dapat membantu Anda melindungi diri dari permainan kekuasaan. Ini bisa termasuk teman, anggota keluarga, atau terapis. Tetapi pastikan Anda melakukannya dengan orang yang dapat Anda percayai dan bukan seseorang yang dapat menimbulkan kesalahpahaman. Yang terbaik adalah mengujinya sebelum curhat.

5. Memiliki nilai

Mengetahui nilai dan keyakinan Anda sendiri dapat membantu Anda melindungi diri dari manipulasi atau kendali pasangan Anda. Tetap berpijak pada perasaan diri Anda sendiri dan apa yang penting bagi Anda.

6. Perawatan diri

Merawat diri sendiri sangat penting untuk melindungi diri sendiri. Ini bisa termasuk melatih perhatian penuh, terlibat dalam aktivitas yang membuat Anda bahagia, dan menjaga kesehatan fisik dan emosional Anda.

7. Bersiap mengakhiri

Jika pasangan Anda terus terlibat dalam permainan kekuasaan meskipun Anda berusaha melindungi diri sendiri, bersiaplah untuk menjauh dari hubungan tersebut. Ingatlah bahwa keselamatan dan kesejahteraan Anda harus selalu didahulukan.

Pilihan Editor: 7 Tanda Chemistry Kamu dan Pasangan Menurun, Jarang Bersentuhan dan Rasa Ingin Tahu Berkurang

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika