Ilustrasi Greek Yoghurt. Foto: Freepik.com/Racool_studio

kesehatan

5 Manfaat Greek Yogurt untuk Kesehatan Tubuh

Selasa, 7 Maret 2023 21:00 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Yogurt yunani atau greek yogurt dikenal lebih rendah laktosa daripada produk susu lainnya. Maka dari itu, dikenal lebih lembut di perut. Bukan cuma itu, greek yogurt juga tinggi protein dan rendah karbohidrat yang bisa membantu pembentukan otot tanpa lonjakan gula yang besar. Bukan cuma itu, ada sejumlah manfaat greek yogurt yang perlu kamu ketahui.

5 Manfaat Greek Yogurt untuk Kesehatan Tubuh

1. Tinggi Protein

Kebutuhan protein individu setiap orang akan bervariasi, dan rekomendasi umumnya adalah 0,8 gram protein per setiap kilogram berat badan, tetapi tidak jarang beberapa orang menargetkan 100 gram atau lebih protein per hari.

Salah satu cara untuk mencapai tujuan tinggi asupan protein harian adalah menyantap greek yogurt. Menurut beberapa penelitian, greek yogurt memiliki jumlah protein hingga empat kali lipat dibandingkan yogurt biasa.

“Satu porsi 6 hingga 7 ons greek yogurt dapat menawarkan 18 hingga 20 gram protein,” kata Sarah Schlichter, ahli diet terdaftar, seperti dilansir laman Real Simple, 2 Maret 2023.

“Bagi kebanyakan orang, menargetkan 20 hingga 30 gram protein per makanan adalah tujuan yang baik untuk rasa kenyang dan menstabilkan gula darah,” lanjutnya.

Sementara itu, menurut studi lainnya, greek yogurt berprotein tinggi secara signifikan meningkatkan kekuatan, ketebalan otot, dan massa bebas lemak pada peserta yang menjalani program pelatihan ketahanan selama 12 minggu.

"Mendapatkan protein yang konsisten sepanjang hari dapat membantu pemeliharaan otot dan manajemen berat badan," kata Schlichter, menunjuk pada penelitian sebelumnya tentang hubungan antara protein dan rasa kenyang. Diet tinggi protein juga terbukti membantu meningkatkan metabolisme.

Protein membuat Anda kenyang lebih lama, jadi Anda cenderung tidak mengonsumsi kalori kosong (dari makanan yang tidak padat nutrisi) yang tidak memberikan energi atau rasa kenyang yang bertahan lama.

2. Menyehatkan Pencernaan

Sebagai makanan fermentasi, greek yogurt kaya akan probiotik. “Greek yogurt adalah sumber probiotik yang bagus, yaitu bakteri hidup yang hidup dan berkembang di usus kita,” kata Schlichter.

Mikrobioma usus memiliki keseimbangan unik antara bakteri "baik" dan "jahat", dan mengonsumsi makanan kaya probiotik membantu meningkatkan jenis yang baik, sehingga usus Anda dapat menangkis jenis yang berbahaya.

“Penelitian telah menunjukkan bahwa variasi diperhitungkan dalam hal mikroba usus — semakin banyak variasi, semakin baik,” jelas Kim Kulp, ahli gizi terdaftar. “Makanan fermentasi seperti greek yogurt meningkatkan keragaman mikroba usus, yang dapat mengurangi peradangan dan menurunkan risiko penyakit tertentu.”

Baca juga: Manfaat Yogurt untuk Anak, Bantu Penuhi Kebutuhan Vitamin D, Kalium, dan Kalsium

<!--more-->

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Makanan probiotik adalah kunci untuk usus yang sehat, tetapi juga penting untuk mendukung sistem kekebalan tubuh. Mendukung usus yang sehat juga dapat diterjemahkan menjadi peningkatan kekebalan, berkat sumbu mikrobiota-imun.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa produk susu fermentasi yang kaya probiotik seperti yogurt, kefir, dan bahkan keju cottage dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Ada juga bukti bahwa ibu menyusui yang mengonsumsi produk semacam itu tidak hanya memperoleh manfaat kekebalan pada bayinya, tapi juga perlindungan dari alergi susu di masa depan.

4. Mengandung Vitamin B12 yang Tinggi

“Greek yogurt, terutama varietas tanpa lemak, kaya akan vitamin B12, gizi penting untuk pembentukan sel darah merah, sistem saraf, dan sistem produksi energi,” ujar Schlichter. Menurut data USDA, satu wadah greek yogurt 156 gram menawarkan sekitar 45 persen kebutuhan harian Anda akan B12.

5. Membantu Menurunkan Tekanan Darah

Penelitian menunjukkan bahwa susu rendah lemak seperti greek yogurt dapat membantu menurunkan tekanan darah, menurut Kulp. “Kombinasi kalsium, potasium, fosfor, dan magnesium dalam yogurt Yunani dapat bekerja sama untuk mengendurkan pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah,” jelasnya.

Ilustrasi greek yogurt. Freepik.com/Racool_studio

Mengapa Greek Yogurt Berbeda dari Yogurt Lainnya?

Yang membuat greek yogurt berbeda dari yogurt biasa adalah penyaringannya. Whey dihilangkan, meninggalkan lebih sedikit cairan, dan konsistensi yang lebih kental. Ini juga memberikan kandungan proteinnya yang lebih tinggi dan membantu memberikan rasa asam yang khas.

Lantas, bagaimana cara makan lebih banyak greek yogurt? “Makan greek yoghurt [polos] saja mungkin terlalu asam bagi sebagian orang, jadi cobalah menambahkannya ke sesuatu yang sudah Anda sukai, seperti oatmeal atau smoothie,” saran Schlichter.

Anda juga bisa menggunakannya sebagai pengganti krim asam atau mayones dalam saus, saus, saus salad, atau resep seperti salad tuna. Pilihan lainnya, Anda bisa menambahkan greek yogurt ke makanan yang dipanggang seperti pancake atau muffin untuk memberikan tekstur yang lebih lembut dan berkrim. Atau menjadikan greek yogurt sebagai bahan dasar parfait yang sempurna.

Pilihan Editor: Yogurt Aman Dikonsumsi Ibu Hamil Asalkan Ada 4 Syarat Ini

REAL SIMPLE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika