Ilustrasi wanita stalking media sosial. Freepik.com/Kamran Aydinov

cinta

5 Efek Buruk Stalking Mantan Pacar

Senin, 6 Maret 2023 11:00 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Jika Anda melacak gerakan mantan pacar secara obsesif di media sosial atau dikenal dengan istilah stalking, berarti Anda terlibat dalam perilaku beracun. Ketahui pula ada beberapa efek buruk stalking mantan pacar untuk kesehatan mental.

"Kita semua pernah mengalami putus cinta yang membuat kita merasa kehilangan, sakit hati, dan menginginkan penutupan. Namun, seiring berkembangnya teknologi, kemampuan kita untuk tetap terhubung dengan mantan pacar setelah hubungan berakhir," kata Arouba Kabir, Penasihat & Pendiri Kesehatan Mental, Enso Wellness, seperti dilansir Hindustan Times, pada Minggu, 5 Maret 2023.

"Stalking adalah tindakan mengawasi mantan Anda melalui media sosial, apakah itu memeriksa cerita Instagram mereka, menyukai posting mereka, atau bahkan mengirimi mereka pesan. Meskipun tampaknya tidak berbahaya, menghantui sebenarnya dapat berdampak negatif pada kesehatan mental Anda," lanjut Kabir..

Dapat dimengerti bahwa ada saat ketika seluruh dunia Anda berputar di sekitar dia dan sekarang ketika semuanya berakhir, Anda tidak dapat memutuskan hubungan emosional dari dia atau berhenti memikirkan dia dalam waktu sekejap. Namun sekali lagi, banyak efek buruk stalking media sosial mantan pacar yang perlu kamu ketahui seperti di bawah ini.

1. Terjebak di Masa Lalu

Stalking dapat membuat Anda terjebak di masa lalu dan mencegah Anda bergerak maju. Melihat foto mantan dengan orang lain atau melakukan hal-hal yang biasa dilakukan bersama bisa memicu perasaan sedih dan rindu. Penting untuk diingat bahwa mantan pacar telah bergerak maju, begitu pula dengan Anda.

2. Menimbulkan Kecemasan

Stalking media sosial mantan pacar dapat menimbulkan kecemasan saat Anda terobsesi dengan setiap gerakan mantan pacar. Anda mungkin khawatir dengan siapa mereka, apa yang mereka lakukan, dan apakah mereka bahagia tanpa Anda. Hal ini dapat menyebabkan perasaan tidak aman, keraguan diri, dan bahkan depresi.

3. Muncul Drama yang Tidak Perlu

Stalking juga bisa menimbulkan drama yang tidak perlu, terutama jika Anda masih berhubungan dengan mantan. Mengirimi pesan atau mengomentari kiriman dia dapat menimbulkan ketegangan dan konflik, mempersulit Anda berdua untuk melanjutkan hidup.

4. Mengganggu Proses Penyembuhan

Mengganggu proses penyembuhan dengan terus-menerus mengingatkan Anda tentang masa lalu adalah efek buruk stalking mantan pacar. Untuk melanjutkan dan sembuh dari putus cinta, penting untuk fokus pada saat ini dan masa depan. Jika masih terikat dengan kehidupan mantan pacar, Anda lebih sulit melakukannya.

5. Menyebabkan Perilaku Obsesif

Stalking media sosial mantan pacar dapat menyebabkan perilaku obsesif saat Anda terpaku pada mantan dan kehidupannya. Ini bisa menjadi tidak sehat dan mencegah Anda berfokus pada kehidupan dan pertumbuhan pribadi Anda sendiri.

Stalking media sosial mantan pacar dapat berdampak negatif pada kesehatan mental Anda. Penting untuk mengambil langkah mundur, fokus pada proses penyembuhan Anda sendiri, dan tahan keinginan untuk mengawasi mantan pacar. "Dengan melepaskan dan bergerak maju, Anda dapat menciptakan kehidupan yang lebih bahagia dan lebih sehat untuk diri Anda sendiri," pungkas Kabir

Pilihan Editor: 5 Jurus Jitu Berhenti Stalking Mantan Pacar di Media sosial

HINDUSTAN TIMES

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika