Michelle Yeoh. Foto: Instagram/@michelleyeoh_official

profil

Pidato Kemenangan Michelle Yeoh di SAG Awards 2023

Senin, 27 Februari 2023 15:35 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Aktris, Michelle Yeoh meraih prestasi lagi. Kali ini, di ajang penghargaan Screen Actors Guild atau SAG Awards 2023 di Amerika Serikat pada Minggu, 26 Februari 2023, Yeoh dinobatkan sebagai Outstanding Performance by a Female Actor in a Leading Role berkat perannya dalam film Everything Everywhere All at Once.

Di kategori tersebut, aktris kelahiran asal Ipoh, Malaysia, itu unggul dari Cate Blanchett (Tár), Viola Davis (The Woman King), Ana de Armas (Blonde), dan Danielle Deadwyler (Till).

Kemenangan Yeoh di kategori tersebut itu membuat dia menjadi aktris Asia pertama yang membawa pulang penghargaan tersebut.

"SAG-AFTRA, untuk mendapatkan ini dari Anda, yang mengerti apa artinya sampai di sini, Anda semua tahu perjalanannya, naik roller-coaster, naik turunnya pasir," kata Yeoh, 60, dalam pidato kemenangannya

"Tapi yang penting, kita tidak pernah menyerah. Aku berterima kasih atas cintamu, atas dukunganmu karena aku tahu aku melawan titans, memang begitu."

Yeoh berhenti sejenak untuk menikmati momen itu. "S---!" katanya sambil berbalik sambil menangis.

Aktris itu tertawa dan berkata "f ---" saat penonton bertepuk tangan.

"Terima kasih, terima kasih, terima kasih," lanjut Yeoh.

"Ini bukan hanya untuk saya. Ini untuk setiap gadis kecil yang mirip dengan saya. Sally Field, Anda mengatakan semua hal yang benar. Kami di sini karena kami mencintai apa yang kami lakukan dan kami tidak akan pernah berhenti melakukan ini karena kami benar-benar , sangat menyukainya. Tapi terima kasih telah memberi saya tempat duduk di meja karena banyak dari kita membutuhkan ini."

Bintang film Crazy Rich Asians itu mengatakan ibunya juga akan menghargai kemenangannya.

"Malam ini Anda telah menunjukkan kepada kami bahwa itu mungkin," pungkas Yeoh. "Dan ibuku akan selamanya berterima kasih padamu."

Yeoh sebelumnya memberi tahu People bahwa dia berharap penonton menemukan bagian dirinya melalui karyanya. “Setiap kali saya membuat film, saya berharap penonton menemukan sesuatu yang baru tentang saya,” katanya pada April 2022.

"Apa yang benar-benar saya sukai [dalam Everything Everywhere All at Once] adalah komedi fisik, yang belum pernah saya lakukan sebelumnya. Anda pernah melihat saya di film seni bela diri - saya selalu tenang. Saya tahu persis apa yang saya sedang saya lakukan," tuturnya.

"Saya gurunya, mentornya. Dan tiba-tiba dalam karakter ini, [karakter saya] Evelyn Wang, dia tidak tahu apa-apa. Dia seorang ibu rumah tangga tua yang sangat biasa yang memiliki begitu banyak masalah di kepalanya. Itu sangat menyenangkan. "

Dia menambahkan bahwa dia merasa terdorong dan bersemangat tentang kariernya saat ini. Hal itu dipicu oleh para aktor muda asal Asia yang terus berkarya.

"Kami harus berdiri untuk diri kami sendiri dan cukup berani untuk bersuara. Kami berhak bersuara. Saya pikir pada titik ini dalam karier saya, itulah yang benar-benar saya nikmati: fakta bahwa kami mendapatkan lebih banyak peluang dan Peluang yang pantas kami dapatkan," pungkas Michelle Yeoh.

Pilihan Editor: Michelle Yeoh jadi Aktris Asia Pertama Raih Nominasi Oscar: Saya Hanya Bekerja Sangat Keras

PEOPLE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika