Pemain, sutradara, dan produser serial Teluh Darah, (kiri ke kanan) Lukman Sardi, Imelda Therinne, Sunil Samtani, Mikha Tambayong, Deva Mahenra, Kimo Stamboel, Shenina Cinnamon, Justin Adiwinata, dan Taskya Namya setelah konferensi pers di kawasan Jakarta Pusat, Selasa, 21 Februari 2023. Tempo/Marvela

ragam

8 Fakta Menarik Serial Teluh Darah

Rabu, 22 Februari 2023 20:00 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Sedang mencari rekomendasi tayangan thriller terbaru, Teluh Darah salah satu pilihannya. Serial yang disutradarai Kimo Stamboel ini menyajikan kisah thriller dipadu dengan ikatan keluarga yang kuat. Tak hanya merasakan debaran dari adegan thriller, tapi kamu bisa merasakan kehangatan keluarga di serial original Disney+ Hotstar itu. Bukan cuma itu, juga ada sederet fakta menarik Teluh Darah yang perlu kamu ketahui. Yuk, kita simak.

1. Sinopsis Teluh Darah

Teluh Darah mengisahkan Wulan dan Esa, dua orang modern dari keluarga berbeda yang hidupnya berubah setelah menyaksikan bagaimana keluarga mereka menjadi target serangan ilmu hitam alias black magic. Didasari keinginan kuat melindungi keluarga tercinta, keduanya bertekad untuk mencari pelaku di balik serangan tersebut untuk meminta pertanggungjawaban atas kejadian-kejadian mistis yang menimpa keluarga mereka.

2. Karakter Para Pemain

Siapa saja para pemain Teluh Darah? Selain pasangan suami istri Mikha Tambayong dan Deva Mahenra, juga ada Lukman Sardi, Imelda Therinne, Shenina Cinnamon, Justin Adiwinata, hingga Taskya Namya.

Bicara soal karakter tokoh, Mikha diketahui memerankan Wulan yang digambarkan sebagai perempuan modern, bekerja di firma investasi, anak pebisnis sukses, dan tidak percaya pada ilmu hitam hingga suatu kejadian mengubah pandangannya.

Sementara Deva Mahenra berperan sebagai Esa. Dia adalah putra tunggal dari Bondan, pria baik hati, lembut, dan mudah berempati. Esa tumbuh hanya dengan sosok ayah, tanpa ibu. Maka dari itu, saat ia berinteraksi dengan keluarga Wulan, dia merasakan kekosongannya akan sosok ibu terisi berkat Astuti, ibunda Wulan. Ayah Esa dan Wulan diketahui bersahabat.

Lukman Sardi dan Imelda Therinne dalam serial Teluh Darah. Dok. Disney+ Hotstar

Lukman Sardi memerankan tokoh Ahmad. Pebisnis sukses, family man, dan menyenangkan. Sementara Imelda Therinne sebagai Astuti, istri Ahmad.

"Astuti, perempuan asal Banyuwangi. Dia bekerja di kantor sederhana di banyuwangi, menjalin asmara dengan pak Ahmad, lalu menikah, punya anak, punya keluarga sejahtera dan bahagia. Astuti tipikal ibu-ibu yang ingin punya keluarga idaman, disayang sama suami dan anak-anaknya," jelas Imelda dalam konferensi pers premier Teluh Darah di Hotel Pullman, Jakarta Pusat, pada Selasa, 21 Februari 2023.

Adapun Shenina Cinnamon berperan sebagai Atik, anak dari Ridho yang memiliki hubungan misterius dengan Bondan, ayah Esa. "Dan, aku ini punya salah satu kunci yang bisa memecahkan misteri yang sedang dijalankan mereka semua ini," kata aktris 24 tahun ini.

Berperan sebagai Wisnu, adik dari Wulan, Justin Adinawata mengatakan perannya seperti anak sekolah menengah atas (SMA) pada umumnya, problematik, dan menyukai perempuan yang usianya lebih tua darinya.

Tasyka Namia berperan sebagai Rika, eksekutif muda yang menjalin cinta dengan Wisnu, tapi tidak direstui oleh keluarga Wisnu. Namun, Wisnu membutuhkan sesuatu dari Rika, yang efeknya buruk.

<!--more-->

3. Syuting Lebih dari 2 Bulan

Sang sutradara, Kimo Stamboel mengisahkan proses syuting Teluh Darah dilakukan pada tahun 2021 selama 63 hari. Sementara, persiapannya dimulai tahun 2020 seperti proses reading naskah. Menurut sutradara 42 tahun itu, proses efek visualnya cukup menyita waktu.

"Yang cukup panjang visual effect-nya, post production sampai hingga memakan waktu," tuturnya.

4. Suasana Syuting Menyenangkan dan Sehat

Beberapa pemain juga bagikan kisah suasana syuting yang menyenangkan sekaligus sehat. Menyenangkan dalam arti ikatan di antara mereka kuat dan saling mendukung. Sementara syuting sehat adalah sistem kerja yang terorganisasi dan waktu kerja yang jelas.

"Mungkin orang pikir syuting horor itu capek banget, tapi kita pulang dengan jam reasonable (masuk akal) banget. Banyak waktu istirahat. Kita break (istirahat) dalam seminggu itu bisa beberapa hari, kita masih ada social life. Enviroment (lingkungan kerja) nyaman," jelas Mikha Tambayong.

Pernyataan perempuan 28 tahun itu diamini oleh para pemain lainnya. "Penjagaan baik, latihan benar, pas take syuting semua sudah proper (siap), lancar," ujar Shenina Cinnamon.

"Overall kita ngerjainnya senang, santai, kompak, dan sehat banget. Pengerjaan setiap adegan tepat waktu, terorganisasi dengan baik," imbuh Imelda.

"Semuanya datang, udah selesai, gak berasa kayak syuting," kata Tasyka.

(dari kiri) Kimo Stamboel, Deva Mahenra, Mikha Tambayong, dan Sunil Samtani di premier serial Teluh Darah di XXI Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, pada Selasa, 21 Februari 2023. Foto: Dok. Disney+ Hotstar

5. Alasan Mikha dan Deva Terpilih sebagai Pemeran Utama

Menurut sang produser, Sunil Samtani, Mikha dan Deva merupakan aktor dengan kualitas sangat baik.

"Saya pengen cari nama cast yang ada nama. Saya pikir mereka sudah tidak meragukan. Kimo juga sangat comfortable (nyaman)," tuturnya. Hal yang sama juga berlaku dengan pemilihan pemeran lainnya, tambah Sunil.

<!--more-->

6. Chemistry Imelda Therrine dan Lukman Sardi

Sebelum Teluh Darah, Imelda Therrine dan Lukman Sardi pernah berperan sebagai suami istri di film pendek. Pengalaman tersebut termasuk salah satu pertimbangan mereka berlakon di serial ini.

"Pertama kali ditawarin, pas nanya pasangannya siapa, Lukman Sardi, aku udah oke. Karena sudah pernah satu project bareng. Dan, aku selalu menemukan sesuatu yang baru ketika main bareng karena dia aktor yang sangat keren," tutur Imelda penuh semangat.

"Ditambah lagi dengan Imel, kita pernah jadi suami istri waktu itu di short movie, ini series pertama (Indonesia), horor Disney+ Hotstar, wah seru. Dan, ini kali pertama saya kerja bareng Kimo. Sudah liat banyak karya dia. New experience, new lesson (pengalaman baru, pelajaran baru)," tambahnya.

7. Shenina Cinnamon Sempat Alami Alergi

Shenina mengaku sempat alami alergi secara mendadak. Sebab ini kali pertama ia alami hal tersebut usai makan boga bahari (seafood).

"Aku tuh suka makan seafood, aku selalu ngerasa seafood itu gak berpengaruh ke hidup aku, tidak ada alergi. Tiba-tiba di suatu malam aku makan enak banget, besok paginya pas mo berangkat syuting, hei kenapa mata saya tidak bisa dibuka. Bengep dua-duanya," ujarnya.

Dia pun memberanikan diri pergi ke lokasi syuting di hari itu untuk menunjukkan kondisinya. "Dan, akhirnya kita ga bisa syuting. Lucu banget kayak (mata) kodok, kayak mo keluar gitu (matanya).
Gak lama kemudian bisa tetep syuting, diakalin sama makeup, dan untungnya tetap terlihat seperti Atik pada umumnya," jelasnya.

Pengalaman berkesan lainnya bagi Shenina adalah kali pertama syuting bawa kamera sendiri. "Aku syuting bawa kamera sendiri, menurut aku seru tapi sekaligus takut. Karena kameranya bakal dibanting bareng sama badan aku," ucapnya penuh semangat.

Para pemain, sutradara, dan produser serial Teluh Darah. Foto: Dok. Disney+ Hotstar

8. Pelajaran Berharga dari Teluh Darah

Menurut Kimo, salah satu pelajaran berharga yang bisa dipetik dari Teluh Darah adalah kadang kita tidak menyadari perilaku kita berefek kepada orang lain dan efeknya itu bisa negatif, sehingga menimbulkan dendam tapi kita tak menyadari hal itu. "Harus berhati-hati dalam bertindak," tuturnya.

Senada dengan Kimo, dari Teluh Darah, Deva Mahenra memetik pelajaran bahwa hal kecil yang kita lakukan hari ini ke siapa pun atau bahkan tidak ditujukan ke siapa pun, pasti punya imbas.

"Selalu bertanggung jawab dan aware (waspada) terhadap apa pun yang akan kita ambil, keputusan yang kita buat, terutama yang mungkin bisa menyakiti atau merugikan orang lain. Bahwa hal sekecil apa pun ketika dilakukan dengan niat yang baik maka akan berujung baik, begitu pula sebaliknya," ujarnya.

Sementara Mikha mengatakan salah satu pesan moral dari Teluh Darah adalah berjuang demi orang-orang yang disayangi. "Seperti Wulan dan Esa, sampai titik darah penghabisan, kita mencoba
menemukan misteri ini, dan kita melakukan itu semata-mata karena mencintai keluarga," tuturnya.

"Itu juga yang bikin series unik, bukan cuma thriller biasa, black magic biasa, dasarnya adalah keluarga. Apa pun yang dilakukan Wulan, Esa, Wisnu, journey yang panjang untuk keluarga," pungkasnya.

Teluh Darah merupakan salah satu serial original Disney+ Hotstar yang terpilih untuk Program On Screen di Busan International Film Festival atau BIFF 2022. Teluh Darah tayang mulai Sabtu, 25 Februari 2023 di Disney+ Hotstar. Total ada 10 episode yang akan tayang setiap Sabtu.

Pilihan Editor: 4 Tips Bikin Video Pendek dengan Tema Horor, Tambahkan Audio yang Menegangkan

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika