Ilustrasi memeriksa payudara. Shutterstock.com

kesehatan

Perbedaan Kista dan Kanker Payudara beserta Gejalanya

Sabtu, 18 Februari 2023 12:00 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Seperti kita ketahui bersama bahwa kanker payudara salah satu penyebab utama kematian pada wanita di seluruh dunia. Namun, sebagian besar tidak menunjukkan gejala atau dapat disalahartikan sebagai kondisi non-kanker lainnya, yang menyebabkan keterlambatan diagnosis dan pengobatan. Kali ini, kita mengulik perbedaan kista dan kanker payudara.

Kedua masalah kesehatan itu mirip karena sama-sama menimbulkan benjolan di payudara. Hal itulah yang kadang membuat sejumlah orang salah duga sebelum menemui dokter. Agar tidak tertukar, berikut pengertian kanker payudara dan kista payudara beserta gejalanya secara umum.

Apa Itu Kanker Payudara?

Kanker payudara adalah jenis kanker yang terjadi di payudara. Kanker ini terjadi ketika sel-sel dalam payudara tumbuh secara tidak terkendali dan membentuk suatu massa atau tumor. Meskipun kanker payudara paling sering terjadi pada wanita, kanker ini juga dapat terjadi pada pria, menurut American Cancer Society (ACS).

Deteksi dini berperan penting dalam menurunkan angka mortalitas akibat kanker payudara. Kanker payudara dapat menyebar ketika sel-sel kanker masuk dalam darah atau kelenjar getah bening yang kemudian dibawa ke bagian tubuh lainnya, jelas ACS.

Apa Itu Kista Payudara?

Menurut Mayo Clinic, kista payudara adalah kantung berisi cairan di dalam payudara. Kista ini digerakkan oleh hormon dan sering terjadi karena fluktuasi hormon normal yang terjadi pada tubuh wanita selama siklus menstruasi.

Berbeda dengan kanker payudara, kista payudara jinak dan tidak bersifat kanker. Kista payudara sering kali terasa seperti buah anggur atau balon berisi air. Benjolan ini juga dapat terasa keras.

Sebagian besar kista payudara tidak memerlukan pengobatan dan akan hilang dengan sendirinya. Hanya jika kista menjadi besar dan nyeri, kista perlu untuk dilakukan pemeriksaan dan pengobatan.

Kanker Payudara vs Kista Payudara

Sebagian besar kasus kanker payudara tidak menunjukkan gejala. Ini berarti tidak menimbulkan rasa sakit atau rasa tidak nyaman. Dibandingkan dengan kista payudara, benjolan kanker payudara biasanya tidak menimbulkan rasa sakit.

Kista payudara sebaliknya, bisa berkembang dengan cepat dan menyebabkan rasa sakit. Beberapa gejala tertentu juga dapat membantu membedakan keduanya.

Gejala Kista Payudara vs Kanker Payudara

Pada kasus kista payudara, benjolan dapat membesar, khususnya menjelang menstruasi. Biasanya benjolan terasa lunak, payudara terasa sakit dan gejala akan berkurang atau hilang sama sekali.

Sementara itu, gejala kanker payudara dapat menyebabkan perubahan pada puting susu, kulit pada payudara menjadi cekung, perubahan bentuk dan ukuran payudara, benjolan pada payudara yang keras, perubahan kulit pada payudara atau puting susu, seperti kemerahan, kering, atau mengelupas.

Benjolan yang tiba-tiba muncul di payudara dapat membuat siapa pun khawatir. Namun, sangatlah penting untuk mengetahui apa itu sebenarnya. Kesalahan mendiagnosis dapat menyebabkan pengobatan yang salah, yang mungkin tidak bekerja dengan baik bagi pasien.

Itulah sebabnya mengapa tes pencitraan atau ultrasonografi (USG) payudara dapat membantu mendiagnosis kondisi pasien. Kanker payudara harus ditangani sedini mungkin, sementara itu kista payudara hanya memerlukan penanganan jika ukurannya besar dan menyakitkan. Dalam hal ini, pengambilan kista dengan jarum untuk mengeluarkan cairannya dapat meredakan gejala.

Pilihan Editor: Angka Kanker Payudara Meningkat, Salah Satu Penyebabnya Abai pada Deteksi Dini

WIDYA FITRIANINGSIH | TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika