Ilustrasi wanita memegang rambutnya. shutterstock.com

kecantikan

Manfaat Air Beras untuk Rambut, Cara Penggunaan, dan Efek Sampingnya

Sabtu, 11 Februari 2023 09:00 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Di topik kecantikan kali ini, mari kita telusuri manfaat air beras untuk rambut, kandungannya, cara penggunaan hingga kemungkinan efek samping yang muncul. Sebenarnya air beras telah lama dikenal sebagai cara alami untuk membuat rambut Anda tumbuh. Dan, baru-baru ini kembali jadi perbincangan di platform video dengan tagar #ricewaterchallenge.

Penggunaan air beras telah digunakan selama berabad-abad dalam budaya Asia, menurut Cleveland Clinic. Orang-orang mencuci rambut mereka dengan air yang tersisa setelah merendam beras.

Kandungan di dalam Air Beras

Jadi, apakah peretasan kecantikan ini benar-benar berhasil? Itu mungkin! Vitamin, mineral, dan hormon inositol semuanya ditemukan dalam air beras, yang dapat membuat rambut kamu lebih halus, lebih penuh, tidak kusut, dan lebih panjang.

"Secara teori, vitamin B dan vitamin E dapat membantu bertahan melawan oksidasi dan penuaan rambut," kata Kavita Mariwalla, dokter kulit bersertifikat dan pendiri Mariwalla Dermatology, dikutip dari laman Women's Health, pada Sabtu, 11 Februari 2023.

Manfaat Air Beras untuk Rambut

Meskipun penelitian tentang topik ini masih langka, sebuah penelitian di International Journal of Cosmetic Science merangkum manfaat penggunaan air beras. Menurut penelitian, membilas dengan air beras mengurangi gesekan rambut dan meningkatkan elastisitas rambut.

dr. Mariwalla menjelaskan bahwa rambut juga bisa terasa lebih halus karena pati nasi duduk di folikel rambut dan bertindak sebagai pelapis. Adapun apakah itu dapat meningkatkan pertumbuhan rambut secepat kilat atau tidak? Kemungkinannya, tidak. Namun, vitamin yang dipasangkan dengan lapisan tepung dapat menambah kilau dan dapat membuat rambut lebih kuat.

Tetap saja, jangan jadikan air beras sebagai solusi pertama untuk rambut rontok. “Jika perhatian utama Anda adalah kerontokan rambut, Anda harus mempertimbangkan untuk berkonsultasi dengan dokter kulit Anda untuk perawatan daripada menggunakan pengobatan rumahan,” kata Dr. Mariwalla.

<!--more-->

Cara Penggunaan Air Beras

1. Masukkan beras ke dalam saringan dan bilas dengan baik untuk memastikan tidak ada kotoran. Air harus mengalir jernih. Anda juga akan melihat video orang-orang yang memasukkan beras ke dalam mangkuk berisi air, lalu disaring.

2. Masukkan beras ke dalam mangkuk atau toples bersama dengan satu atau satu setengah gelas air (sesuai porsi beras Anda), dan aduk. Di TikTok, Anda bahkan akan melihat beberapa orang memasukkannya ke dalam stoples dan mengocoknya—ini juga berhasil. Sebagian besar, Anda ingin memastikan bahwa air memiliki sedikit tampilan seperti susu sebelum menutup stoples atau mangkuk.

3. Biarkan campuran nasi hingga 24 jam.

4. Tuangkan air beras ke dalam botol semprot atau sampo bersih untuk aplikasi yang paling mudah. Dr. Mariwalla merekomendasikan untuk melakukan langkah ini di kamar mandi setelah Anda keramas.

5. Semprotkan air beras hingga kulit kepala Anda benar-benar terlapisi dan disisir seluruhnya.

6. Biarkan selama sekitar 20 menit. Anggap saja seperti masker rambut!

7. Bilas rambut Anda secara menyeluruh dari air beras.

Baca juga: 8 Kesalahan Umum dalam Merawat Rambut

<!--more-->

Jenis Rambut yang Sebaiknya Dibilas dengan Air Beras

“Jika rambut Anda sehat dan tidak banyak mengalami kerusakan. Anda tidak benar-benar membutuhkan bilasan air beras," ujar Gaby Longsworth, ilmuwan, praktisi rambut bersertifikat, dan pendiri Absolutely Everything Curly.

dr. Longsworth menyarankan bilasan ini lebih ditujukan untuk mereka yang memiliki rambut rusak, rambut yang diputihkan, dan rambut dengan porositas tinggi artinya rambut Anda sulit mempertahankan kelembapan.

Efek Samping Air Beras untuk Rambut

Kamu mungkin tidak melihat risiko jangka panjang, tetapi air beras dapat menyebabkan residu yang menumpuk dan membuat rambut terlihat kusam. Jika kamu ingin menghindari potensi penumpukan residu, Dr. Mariwalla menyarankan hanya melakukan perawatan ini seminggu sekali. Lihatlah reaksi kulit kepala kamu.

Pilihan Editor: Manfaat Baking Soda dan Air Beras untuk Skincare, Jaga Elastisitas Kulit Wajah

WOMEN'S HEALTH

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika