Ilustrasi bulu mata. shutterstock.com

kecantikan

Lash Lift atau Lash Extension, Mana Lebih Baik?

Jumat, 10 Februari 2023 21:30 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Bingung memilih perawatan lash lift atau lash extension untuk semakin mempercantik bulu mata? Mari kita simak bersama keunggulan dan kekurangan masing-masing perawatan menurut Debbie Law, pakar bulu mata di Nouveau Lashes.

Debbie mengatakan jika kamu mencari perawatan bulu mata untuk menyempurnakan apa yang diberikan Tuhan kepada kamu, lash lift akan lebih sesuai dengan keinginan kamu. Di sisi lain, jika kamu mencari bulu mata yang lebih penuh dan tampak lebih tebal dengan volume tambahan, mungkin mempertimbangkan ekstensi bulu mata atau eyelash extension.

Apa Itu Lash Lift

1. Pengertian

Lash lift adalah perawatan yang mengangkat bulu mata asli kamu, pada dasarnya seperti push-up bra. Perawatan semi-permanen membuat bulu mata alami kamu lebih panjang dan lentik, meningkatkan efek maskara, jika kamu memilih untuk tetap memakainya.

2. Proses Lash Lift

Seorang teknisi yang ahli menerapkan serangkaian krim dan pelindung silikon berbentuk khusus untuk memberikan daya angkat semi permanen pada bulu mata alami kamu hingga delapan minggu.

Prosedurnya tidak sepenuhnya baru (sudah ada sejak tahun 80-an), tetapi versi jadul menggunakan larutan cair yang sulit dikendalikan daripada krim yang tidak mengalir.

Lash lift sering kali juga menyertakan tint, sehingga kamu terlihat seperti memakai maskara sejak bangun tidur. Dan, hanya membutuhkan waktu sekitar satu jam dari awal sampai akhir.

3. Perawatan

Lash lift sangat mudah dirawat dan hampir tidak membutuhkan perawatan selama enam hingga delapan minggu. Tunggu 24 jam sebelum membasahinya usai perawatan. Setelah itu, kamu dapat mandi, mencuci muka, dan mengangis saat menonton rom-com.

Kamu bisa memakai maskara (bahkan jika perlu), dan serum bulu mata atau minyak jarak dianjurkan untuk mengondisikan dan melembapkannya.

4. Pro Kontra

Pertama, kelebihan lash lift adalah cara yang bagus untuk menyempurnakan apa yang sudah kamu miliki, baik bulu mata panjang, pendek, atau keras. Perawatan ini akan membuat mata kamu tampak lebih terbuka dan awet muda, serta menghemat waktu dalam rutinitas pagi, ujar Law. Hasilnya biasanya bertahan sekitar dua bulan.

Di sisi lain, meskipun sangat tidak mungkin bahwa lash lift akan merusak bulu mata alami kamu, Law memperingatkan bahwa jika dilakukan secara tidak benar, lash lift dapat menyebabkan bulu mata rontok atau iritasi.

Jadi, dia menyarankan kamu selalu mengunjungi teknisi bulu mata profesional untuk perawatan ini dan hindari alat pengencang bulu mata DIY online yang tidak bersertifikat.

Baca juga: Cara Memilih Serum Bulu Mata yang Berkhasiat Memanjangkan Bulu Mata

<!--more-->

Apa Itu Eyelash Extension

1. Pengertian

Ekstensi bulu mata atau eyelash extension adalah bulu mata palsu semi permanen, yang direkatkan dengan tangan ke bagian atas bulu mata yang sebenarnya.

"Dengan ekstensi klasik, bulu mata individu diterapkan 1-on-1 ke bulu mata alami kamu untuk menambah kedalaman dan panjang," jelas Law, dikutip dari laman Purewow, Jumat, 10 Februari 2023.

"Kamu juga bisa menggunakan bulu mata hybrid, yang melibatkan penerapan banyak ekstensi pada satu bulu mata untuk menciptakan ilusi lebih banyak bulu mata di area itu," tambahnya.

2. Proses

Pertama, kamu akan memilih bentuk, ikal, dan panjang untuk efek yang kamu inginkan. Semakin panjang dan melengkung, semakin dramatis tampilannya.

Janji temu pertama kamu bisa memakan waktu antara satu setengah jam hingga dua jam, tergantung pada tampilan yang kamu inginkan. Kamu akan berbaring di atas meja dengan mata tertutup dan teknisi akan menempelkan tambalan silikon di bawah setiap mata untuk menjaga agar bulu mata bagian bawah tidak menghalangi. Mereka kemudian akan memadukan setiap ekstensi ke pangkal bulu mata sendiri, satu per satu.

3. Perawatan

Kamu harus kembali untuk mengisi setiap dua hingga empat minggu, tergantung pada seberapa ahli teknisi dan seberapa hati-hati kamu dengan mata kamu.

Untuk membuatnya bertahan lama, hindari uap atau air selama 24 jam pertama dan jauhkan riasan berbahan dasar minyak (dan produk perawatan kulit) dari kelopak mata dan garis bulu mata Anda, yang dapat merusak perekat dan menyebabkannya lebih cepat rontok.

4. Pro Kontra

“Entah lebih memilih tampilan yang lebih alami atau ingin tampil glam, extension benar-benar dapat meninggikan bulu mata kamu dan menempatkan mata kamu menjadi sorotan,” jelas Law. Mirip dengan lash lift, ekstensi dapat menghemat waktu saat kamu bersiap-siap dan dapat bertahan hingga satu bulan jika dirawat dengan benar.

Kekurangan dari ekstensi bulu mata adalah membutuhkan lebih banyak perawatan daripada lash lift. Untuk mempertahankannya secara maksimal, kebanyakan orang mendapatkan pengisi baru setiap 2 hingga 3 minggu, jadi bersiaplah untuk lebih sering pergi ke salon.

Cara Memilih Perawatan yang Tepat

Apa tujuan akhir kamu? Jika kamu sudah memiliki bulu mata yang bagus dan hanya ingin sedikit warna dan ikal, lash lift pilihan yang tepat. Jika kamu memiliki bulu mata pendek atau jarang secara alami dan ingin tampilan bulu mata yang lebih panjang dan bervolume, kamu mungkin ingin mencoba eyelash extension. Perlu dicatat bahwa dari dua opsi tersebut, lash lift memiliki perawatan yang lebih rendah dan biaya perawatan yang lebih murah ketimbang lash extension.

Pilihan Editor: Agar Ekstensi Bulu Mata Tahan Lama, Lakukan 8 Hal Berikut

PUREWOW

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika