Ilustrasi wanita merawat rambut. Freepik.com/Valuavitaly

kecantikan

6 Cara Memakai Lidah Buaya untuk Rambut

Selasa, 7 Februari 2023 21:35 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Lidah buaya punya beragam manfaat untuk merawat kecantikan perempuan termasuk rambut. Berkat kekuatannya menghidrasi, lidah buaya termasuk bahan alami yang menjaga kelembapan kulit kepala dan rambut kamu. Untuk memperoleh manfaatnya secara optimal, perhatikan beberapa cara memakai lidah buaya untuk rambut.

Sebelum mengulik ragam cara memakai lidah buaya untuk mahkota kamu, kita ketahui dulu apa saja manfaatnya.

Manfaat Lidah Buaya untuk Rambut

1. Melembapkan Serat Rambut

Bukan cuma melembapkan kulit kepala, lidah buaya juga mampu mengisi batang rambut dengan menghidrasi. Jika kamu memiliki masalah rambut kering dan rapuh, lidah buaya adalah solusinya. Lidah buaya merupakan bahan unggulan untuk mengembalikan kelembapan pada rambutmu.

2. Menenangkan Kulit Kepala

Apakah kulit kepala kamu gatal atau sedang berketombe? Lidah buaya bisa menjadi obat yang menenangkan. Faktanya, sebuah penelitian menemukan bahwa lidah buaya kulit kepala dari peradangan yang disebabkan oleh ketombe berkat bradikinase, enzim yang dapat membantu mengurangi peradangan berlebihan.

Gel lidah buaya (Pixabay.com)

3. Membantu Mengatasi Ketombe

Kulit kepala yang kering memang berbeda dengan ketombe, tetapi hal itu bisa menjadi penyebab munculnya serpihan kulit kepala. Mengaplikasikan lidah buaya di kulit kepala kamu dapat membantu melembapkan kulit dan mengurangi ketombe seiring waktu. Ditambah lagi, jika kamu menggunakan lidah buaya sebagai gentle cleanser, hal tersebut dapat membantu menghilangkan serpihan kulit kepala yang muncul sebelumnya.

4. Membantu Mengatasi Noda pada Kulit Kepala

Tahukah kamu bahwa lidah buaya mengandung asam salisilat alami. Apa itu? Asam salisilat adalah salah satu bahan pengobatan jerawat yang terkenal. Inilah salah satu alasan lidah buaya dapat berfungsi sebagai obat jerawat alami, dan hal itu juga berlaku untuk jerawat pada kulit kepala.

5. Membantu Pertumbuhan Rambut

Lidah buaya mengandung vitamin A, C, dan E, yang penting untuk pertumbuhan rambut, kata pakar rambut bersertifikat dan penata rambut selebriti, Shab Caspara. Antioksidan tersebut membantu mengurangi dan menetralkan radikal bebas yang dikenal sebagai penyebab kerontokan rambut.

"Lidah buaya juga mengandung vitamin B12 dan B9 (alias asam folat), yang juga merupakan nutrisi penting untuk pertumbuhan rambut, ungkapnya seperti dikutip dari Mind Body Green, Minggu, 5 Februari 2023.

<!--more-->

Cara Memakai Lidah Buaya untuk Rambut

1. Masker Kulit Kepala

- Siapkan lidah buaya. Kamu bisa membeli daun lidah buaya segar atau 100% gel lidah buaya murni. Jika kamu memilih daun segar, kamu perlu mengikis gel lidah buaya dan mencampurnya hingga mencapai konsistensi yang lebih cair.

- Aplikasikan. Oleskan masker lidah buaya dengan lembut ke kulit kepala yang bersih sebelum kamu mandi. Kondisi bersih adalah kata kunci di sini; pastikan kamu tidak memiliki banyak penumpukan produk dari sampo atau semprotan rambut di kulit kepalamu.

- Pijat. Melalui pijatan kulit kepala yang lembut, lidah buaya menjadi lebih efektif untuk bekerja ke kulit kepala. Ingat, gunakan ujung jari, bukan dengan menggunakan kuku.

- Biarkan mengeras. Biarkan masker lidah buaya selama 20 menit sebelum membilasnya. Setelah itu, bilas mengikuti rutinitas mencuci rambut seperti biasa.

2. Masker Rambut

Untuk membuat masker rambut dari lidah buaya, kamu membutuhkan 2 sendok teh gel lidah buaya, 1 sendok teh madu, dan 3 sendok teh minyak kelapa.

- Meracik campuran. Kocok bahan-bahan yang disebutkan sebelumnya di dalam mangkuk atau cangkir. Jika menurutmu konsistensinya terlalu encer, tambahkan sedikit madu lagi. Jika terlalu kental, tambahkan lebih banyak lidah buaya.

- Aplikasikan. Bagi rambut kamu menjadi beberapa bagian berbeda dan aplikasikan campuran tersebut ke setiap helaian rambut kamu yang kering sebelum kamu mandi. Kemudian, tutupi rambut dari akar hingga ujung.

- Biarkan mengeras. Setelah masker didiamkan selama sekitar 30 menit, cuci rambut kamu dan lanjutkan dengan rutinitas perawatan rambut seperti biasa.

<!--more-->

Baca juga: 5 Resep Masker Lidah Buaya DIY, Bisa Mencerahkan Kulit dan Mengurangi Jerawat

3. Kondisioner Tanpa Bilas

Kamu dapat membuat kondisioner tanpa bilas sendiri menggunakan lidah buaya sebagai bahan utamanya. Cukup masukkan 2 sendok makan lidah buaya, 1 sendok makan air putih, dan 1 sendok minyak jojoba ke dalam sebuah wadah. Setelah itu, oleskan ke helai rambut yang basah, dan biarkan hingga rutinitas mencuci rambut berikutnya.

4. Perawatan Rambut Bercabang

Rambut bercabang pasti membuat kamu kecewa dan tidak percaya diri. Kamu juga bis merawat rambut bercabang dengan lidah buaya dan beberapa campuran bahan lainnya. Oleskan campuran sesendok teh lidah buaya, sesendok shea butter, dan sesendok minyak jojoba ke ujung rambut kamu setelah mandi dan biarkan hingga keramas berikutnya:

Ilustrasi jus lidah buaya. shutterstock

5. Detangling Spray

Jika rambut kamu cenderung kusut, kamu bisa membuat semprotan ini untuk membantu mengatasi rambut kusut dengan hanya 3 bahan, yaitu minyak kelapa, lidah buaya, dan air. Dan, jangan lupakan botol semprotan kecil:

  • Lelehkan minyak kelapa. Pertama, lelehkan 2 sendok makan minyak kelapa hingga mencapai konsistensi cair.
  • Tambahkan lidah buaya dan air. Selanjutnya, masukkan 1 sendok makan lidah buaya dan 2 sendok makan air.
  • Aplikasikan. Kocok campuran di dalam botol semprot dan semprotkan ke rambut kamu yang masih basah setelah. Jika kamu tidak memiliki botol semprot, kamu juga bisa mengaplikasikannya menggunakan tangan.
  • Sisir. Sisir rambutmu dengan hati-hati menggunakan sisir bergigi jarang sampai rambut yang kusut sudah teratasi. Mulailah dari bagian bawah rambutmu, baru ke atas. Gerakan tersebut akan membuktikan sisir kamu tidak lagi tersangkut di setiap simpul rambut.

6. Gel Rambut

Gel rambut tradisional sering kali dikemas dengan bahan pengering yang membuat helai rambutmu akan terasa keringsetelah digunakan. Untungnya, konsistensi lidah buaya yang lengket bisa membuat gel rambut alami yang sempurna.

Caranya oleskan jumlah yang sama ke telapak tangan kamu seperti yang kamu lakukan pada gel rambut apa pun dan diikuti dengan alat penata rambut apa pun yang kamu gunakan atau bisa menggunakan jari kamu untuk mendapatkan tampilan yang kamu inginkan secara alami.

<!--more-->

Cara Menyimpan Lidah Buaya agar Tetap Segar

Setelah mengetahui ada berbagai cara memakai lidah buaya untuk rambut, berikut ini adalah beberapa tips menyimpan buaya agar tetap segar.

- Menjaga agar tetap dingin. Kelembapan dan juga suhu adalah pengaruh paling penting dari kesegaran lidah buaya, jadi simpanlah lidah buaya kamu pada lemari es.

- Gunakan wadah kedap udara. Oksigen bisa saja menjadi "jembatan" gel lidah buaya kepada bakteri-bakteri yang berbahaya dan membuatnya lebih cepat berbau tidak enak. Untuk alasan ini, solusi yang terbaik adalah dengan memilih botol atau toples dengan tutup yang rapat dan tidak mudah terbuka.

- Hindari terkena cahaya langsung. Simpan lidah buaya dalam botol atau toples, yang menyerap radiasi UV dan melindungi senyawa gel yang bermanfaat.

- Simpan di dalam freezer. Jika kamu berencana untuk menggunakan lidah buaya sesekali daripada setiap hari, kamu dapat mempertimbangkan untuk menuangkan gel ke dalam nampan es batu dan mengeluarkannya saat dibutuhkan. Cara ini juga cocok untuk meredakan sengatan matahari.

Baca juga: Ingin Mencoba Resep Lidah Buaya untuk Kecantikan? Ketahui Dulu Cara Memanennya

WIDYA FITRIANINGSIH | MIND BODY GREEN

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika