Sarwendah pada 3 Februari 2023/Tempo-Mitra Tarigan

keluarga

Atasi Anak Tantrum Ala Sarwendah

Jumat, 3 Februari 2023 22:27 WIB
Reporter : Antara Editor : Mitra Tarigan

CANTIKA.COM, Jakarta - Menghadapi anak tantrum salah satu kegiatan yang pasti dirasakan para orang tua, termasuk pasangan Ruben Onsu dan Sarwendah. Sarwendah bercerita, ia akan menunggu dengan sabar anak mereka melepaskan emosinya terlebih dahulu hingga menjadi lebih tenang, baru bereaksi.

"Kalau lagi tantrum gitu, aku diemin dulu biasanya. Kalau Nia nangis atau Cici nangis, bunda nggak ngerti. Kan nggak jelas ngomong apa kalau lagi nangis. Aku bilang gitu,” dalam konferensi pers Mothercare Shopping Race pada 3 Februari 2023 di Jakarta.

Walau begitu, Sarwendah memang terkadang merasa khawatir atas setiap keputusan yang diambilnya ketika menghadapi sang anak. Tak jarang ia pun harus berargumen dengan sang suami dalam mengangani anak mereka yang sedang tantrum.

“Walaupun kadang hati merasanya, jangan-jangan orang lain ngelihatnya jahat banget nih diemin anak lagi nangis. Apalagi aku public figure kan. Kadang suka bentrok, takut orang akan melihat kita akan seperti apa,” ujar Sarwendah.

"Tapi aku mikir, kalau mikirin orang lain terus, nanti yang ada anak aku nggak belajar kalau dia itu nggak boleh kayak gitu. Kalau minta malah guling-gulingan segala macam," katanya.

Untuk mendidik sang anak, Sarwendah pun mengaku sering memberikan penjelasan-penjelasan kepada anaknya. Misal jika melihat anak orang lain sedang tantrum di mall, Sarwendah pun memilih untuk mengajak diskusi Thania dan Thalia mengenai kejadian tersebut.

"Kasih penjelasan pelan-pelan. Walau kadang kalau lagi panik, kita gitu. Tapi kalau lagi bisa jelasin, aku berusaha jelasin," katanya.

Berbeda dengan kedua adiknya, Sarwendah menerapkan pola yang berbeda kepada putra sulungnya yang beranjak dewasa, Betrand Peto Putra Onsu yang lebih akrab disapa Onyo. Sarwendah mencoba lebih bisa berdiskusi dan membiarkan Onyo mengambil keputusan sendiri.

"Kalau umurnya Onyo udah beda. Argumennya sudah beda lagi. Jadi aku serahin ‘Kalau Onyo pilih ini, tanggung jawabnya Onyo sendiri’. Kalau Cici sama Nia aku lebih kasih pilihan, kalau Onyo aku lebih mau tahu pilihan dia apa," kata Sarwendah.

"Karena dia kan cowok. Kedua, dia sudah lebih besar. Jadi sudah mulai menaruh tanggung jawab apa yang dia pilih. Jadi beda-beda sih tiap anak," katanya.

Bagaimana cara kamu menangani anak tantrum?

Baca: Utamakan Kenyamanan, Ini Tips Belanja Baju Anak Ala Sarwendah

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika