Minyak kayu putih. Shutterstock

kesehatan

5 Manfaat Minyak Kayu Putih untuk Kesehatan, Redakan Batuk dan Gangguan Penapasan

Selasa, 31 Januari 2023 22:30 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Ecka Pramita

CANTIKA.COM, Jakarta - Minyak kayu putih memiliki berbagai manfaat di antaranya dapat digunakan untuk menghangatkan badan, mengurangi gatal akibat gigitan nyamuk, mengatasi kemerahan, meredakan gejala masuk angin, dan sebagai wewangian. Minyak Telon dan Minyak Kayu Putih dapat membantu menenangkan anak dari usia bayi bahkan untuk orang dewasa karena memiliki aroma yang membuat rileks serta hangat yang merata.

Melansir Healtline, minyak kayu putih awalnya berasal dari Australia, pohon kayu putih sekarang ditanam di seluruh dunia dan digunakan untuk khasiat pengobatannya. Kekuatan penyembuhannya berasal dari minyak kayu putih, yang terbuat dari daun pohon berbentuk oval.

Prosesnya dimulai dari daun yang dikeringkan, dihancurkan, dan disuling untuk melepaskan minyak esensial. Setelah minyaknya diekstraksi, harus diencerkan sebelum bisa digunakan sebagai obat.

Berikut lima manfaat minyak kayu putih bagi kesehatan:

1. Redakan batuk

Ilustrasi batuk pilek. Shutterstock

Selama bertahun-tahun, minyak kayu putih telah digunakan untuk meredakan batuk. Saat ini, beberapa obat batuk yang dijual bebas mengandung minyak kayu putih sebagai salah satu bahan aktifnya.Gosok yang populer dioleskan ke dada dan tenggorokan untuk meredakan gejala batuk dari pilek atau flu biasa.

2. Mengosongkan lendir

Apakah Anda batuk tetapi tidak ada yang keluar? Minyak kayu putih tidak hanya dapat meredakan batuk, tetapi juga dapat membantu mengeluarkan lendir dari dada. Menghirup uap yang dibuat dengan minyak esensial dapat melonggarkan lendir sehingga ketika Anda batuk, itu dikeluarkan. Menggunakan gosok yang mengandung minyak kayu putih akan menghasilkan efek yang sama.

3. Hindari gigitan serangga

Menghindari gigitan nyamuk atau jenis serangga yang dapat membahayakan kesehatan kita. Menghindari gigitan mereka adalah pertahanan terbaik kita. Minyak kayu putih bisa menjadi alternatif yang efektif bagi mereka yang tidak dapat obat nyamuk semprot, banyak produsen membuat senyawa botani untuk mengusir hama.

4. Mengobati luka

Suku Aborigin Australia menggunakan daun kayu putih untuk mengobati luka dan mencegah infeksi. Saat ini minyak yang diencerkan masih dapat digunakan pada kulit untuk melawan peradangan dan meningkatkan penyembuhan. Anda bisa membeli krim atau salep yang mengandung minyak kayu putih. Produk ini dapat digunakan pada luka bakar ringan atau luka lain yang dapat dirawat di rumah.

5. Bantu gangguan pernapasan

Kondisi pernapasan seperti asma dan sinusitis dapat dibantu dengan menghirup uap yang ditambahkan minyak kayu putih. Minyak bereaksi dengan selaput lendir, tidak hanya mengurangi lendir tetapi juga membantu melonggarkannya sehingga Anda dapat batuk.

Eucalyptus juga dapat mencegah gejala asma. Namun, di sisi lain, bagi orang yang alergi terhadap eucalyptus, hal itu dapat memperburuk asma mereka. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan bagaimana kayu putih mempengaruhi penderita asma.

Merujuk banyaknya manfaat minyak kayu putih bagi kesehatan di atas, Habbie merupakan brand minyak telon dan minyak kayu putih yang memiliki komposisi 100 persen alami. Sebelumnya Habbie telah meraih MURI dan kini meraih penghargaan Indonesia Brand Champion 2023. Memiliki 30 varian Telon dan 12 varian Minyak Kayu Putih ini sudah tercatat dalam BPOM dan dijamin aman serta dapat digunakan dari anak-anak hingga dewasa.

Selain itu kandungan Habbie dijamin aman karena diperkuat dengan berbagai penghargaan yang diperoleh yaitu MURI dan Indonesia Brand Champion 2023. "Habbie diberikan penghargaan Brand Champion of the Year atas inovasi yang telah berhasil dilakukan sepanjang tahun 2022, yakni sebagai Telon dengan Varian Terbanyak di Dunia," ungkap CEO Habibie Novita Anggraeni pada acara Infobrand Forum 2023.

Penghargaan ini diberikan oleh Susilowati Ningsih dalam Infobrand Forum, 18 Januari 2023 di The Sultan Hotel & Residence Jakarta. “Penghargaan Indonesia Brand Champion 2023 diberikan kepada perusahaan-perusahaan dan brand yang telah berhasil menghadapi tantangan di tahun 2022," ungkap CEO Infobrand, Susilowati Ningsih.

Habbie juga telah tersertifikasi Halal dan BPOM sehingga Anda tidak perlu khawatir akan keamanannya. Walaupun memiliki wangi seperti parfum namun Habbie tidak mengandung bahan kimia apapun.

Baca: Selain Menghangatkan, Ini 7 Manfaat Minyak Kayu Putih

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika