Ilustrasi pasangan memiliki hewan peliharaan. Freepik.com/Lookstudio

kesehatan

6 Manfaat Memelihara Hewan Peliharaan untuk Kesehatan Mental

Selasa, 8 November 2022 19:30 WIB
Reporter : magang_merdeka Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Jika Anda punya hewan peliharan di rumah, Anda mungkin setuju bahwa memelihara hewan itu merupakan hal yang menyenangkan. Hewan peliharaan dapat membuat hari baik dan buruk menjadi lebih baik. Hewan peliharaan juga dapat berfungsi sebagai hewan terapi di rumah selama masa kesepian, stres, atau kecemasan.

Neuropsikolog bersertifikat dan pendiri I Care For Your Brain, Karen Sullivan mengonfirmasi sederet manfaat baik hewan peliharaan untuk kesehatan mental. Menurut Sullivan, memiliki hewan peliharaan juga dapat meningkatkan harga diri dan suasana hati seseorang. Sullivan mengatakan bahwa hewan dapat menyembuhkan banyak rasa sakit.

Sementara itu, menurut Julie Osborn, dokter psikologi dan pekerja sosial klinis berlisensi dan pendiri podcast MyCBT, ada banyak manfaat memiliki hewan peliharaan, termasuk bagi mereka yang didiagnosis dengan penyakit mental tertentu.

“Banyak orang dengan kesehatan mental, katakanlah dengan kecemasan, kecemasan sosial, atau dengan depresi, itu semua tentang memikirkan kata orang lain,” kata Dr. Osborn. “Membandingkan diri dengan orang lain dan selalu mengkhawatirkan apa yang orang pikirkan tentang dirinya. Hal itu bisa teratasi dengan hewan peliharaan.”

Berikut enam manfaat memelihara hewan peliharaan untuk kesehatan mental

1. Bantu Mengurangi Kecemasan dan Stres

Menurut Dr. Sullivan, para peneliti berpendapat bahwa berinteraksi dengan anjing dapat meningkatkan kadar oksitosin, hormon yang secara tradisional dikaitkan dengan keintiman fisik antara manusia. Menurut Sullivan, peningkatan kadar oksitosin dapat berdampak positif pada kesehatan mental dengan menurunkan hormon stres dan mengaktifkan sistem saraf parasimpatis, yang memberi sinyal pada tubuh untuk rileks setelah peristiwa yang membuat stres.

2. Menjadi Teman dan Mengurangi Merasa Kesepian

Hewan peliharaan lebih dari sekadar hewan, mereka adalah teman bagi mereka yang menyayanginya. Sebagai teman, Anda dapat berbagi pengalaman dengan hewan peliharaan Anda seperti yang Anda lakukan dengan keluarga dan teman.

“Manfaat persahabatan datang dari kebahagiaan yang dialami bersama, terlibat dalam kegiatan rekreasi berdampingan, relaksasi bersama, dan interaksi yang menyenangkan dan spontan,” kata Dr. Sullivan.

Hewan peliharaan adalah sahabat yang hebat, tetapi mereka juga berperan dalam membina hubungan dengan manusia. Misalnya, mengajak anjing jalan-jalan di lingkungan Anda atau bergabung dengan grup media sosial yang terkait dengan jenis hewan peliharaan tertentu dapat membuka peluang sosial yang tidak tersedia bagi Anda.

Lebih lanjut, hewan peliharaan juga dapat berfungsi sebagai pemecah kebekuan yang ideal jika Anda sering cemas dalam situasi sosial, menurut Dr. Osborne. Mereka bisa membantu Anda membina hubungan yang baik dengan orang lain yang juga memelihara hewan peliharaan.

3. Memberikan Dukungan Emosional

Jika Anda pernah memiliki anak anjing di lengan atau kucing di pangkuan, Anda mungkin ingat momen kegembiraan yang murni. Faktanya, hewan peliharaan dapat meningkatkan suasana hati dan berkontribusi pada suasana hati yang positif secara keseluruhan.

Hewan peliharaan juga dapat memberikan dukungan emosional kepada individu yang telah didiagnosis dengan penyakit kesehatan mental, termasuk gangguan stres pasca trauma, demensia, dan gangguan kecemasan sosial.

Faktanya, banyak rumah sakit dan panti jompo telah memasukkan terapi hewan ke dalam program mereka, yang memungkinkan pasien mendapatkan kemajuan karena berinteraksi dengan hewan.

4. Meningkatkan Perkembangan Psikologis pada Anak dan Remaja

Memiliki hewan peliharaan juga dapat memberikan manfaat psikologis bagi anak-anak dan remaja. Menurut Akademi Psikiatri Anak dan Remaja Amerika atau AACAP, hewan peliharaan dapat mengajari anak-anak tentang empati dan kasih sayang.

Menurut Dr Sullivan, hewan peliharaan mengajarkan anak tanggung jawab, peningkatan harga diri, dan kepercayaan diri. Meskipun kecil, sebuah studi di tahun 2020 juga menunjukkan bahwa hewan peliharaan dapat memberikan dukungan sosial dan emosional bagi remaja, yang sering berada di saat-saat kesepian, stres, dan kecemasan.

5. Meningkatkan Aktivitas Fisik dan Memengaruhi Kesehatan Mental

Sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2017 menemukan bahwa anjing dapat meningkatkan aktivitas fisik pada pemiliknya. Meskipun lingkupnya kecil, penelitian ini menunjukkan bahwa pemilik anjing berjalan lebih banyak daripada bukan pemilik anjing dan melakukan aktivitas fisik sedang sekitar 22 menit per hari.

Studi lain yang dilakukan pada tahun 2020 melaporkan hasil yang serupa, dengan pemilik anjing yang berpartisipasi dalam penelitian tersebut melaporkan berjalan 18 menit lebih banyak per minggu daripada orang yang tidak mempunyai anjing.

Diperlukan lebih banyak penelitian tentang bagaimana peningkatan tingkat aktivitas fisik pada pemilik hewan peliharaan mengarah pada manfaat kesehatan mental, tetapi ada bukti bahwa olahraga dapat berdampak positif pada kesehatan secara keseluruhan.

Penelitian menyebutkan aktivitas fisik dapat melepaskan endorfin, bahan kimia otak yang meningkatkan energi dan berkontribusi pada suasana hati yang positif, dan itu tidak harus berat. Diterbitkan dalam jurnal The Lancet Psychiatry, sebuah penelitian besar menemukan bahwa berjalan sendiri juga dapat meningkatkan kesehatan mental.

6. Membantu Orang Merasa Dicintai

Dr. Osborn mengatakan bahwa cinta tanpa syarat adalah manfaat lain dari memiliki hewan peliharaan, dan itu dapat berdampak besar pada kesehatan mental Anda. “Ini adalah satu-satunya hubungan dalam hidup kamu yang tidak perlu kamu khawatirkan,” kata Dr. Osborn. "Hewan peliharaan kita menerima kita apa adanya. Kamu merasa dicintai, merasa dihargai, dan bersahabat. Bagi sebagian orang, ini dirasakan lebih dalam dengan hewan peliharaan."

JESSYCA GAZELLA | WEL+GOOD

Baca juga: Orang yang Punya Hewan Peliharan Punya Ingatan Lebih Baik, Kata Penelitian

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika