Raja Charles III dan anggota keluarga kerajaan lainnya berjaga di samping peti mati untuk menghormati Ratu Elizabeth II di Katedral St Giles, Edinburgh, Senin 12 September 2022. Raja Charles, mengenakan rok, di samping saudara perempuan Putri Anne dan saudara laki-laki Pangeran Andrew dan Edward, berdiri dengan khidmat selama 10 menit di samping peti mati. Jane Barlow/Pool via REUTERS

ragam

Partisipasi Putri Anne di Vigil of the Princes Ratu Elizabeth II Mencetak Sejarah

Selasa, 13 September 2022 18:35 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Raja Charles III, Putri Anne, Pangeran Andrew dan Pangeran Edward berkumpul dalam prosesi Vigil of the Princes saat peti mati ibu mereka, Ratu Elizabeth II, diletakkan di Katedral St. Giles di Edinburgh, Skotlandia, pada Senin malam, 12 September 2022 waktu Inggris. Empat saudara itu melangkah keluar di samping peti mati ibu mereka, yang ditutupi kain Royal Standard of Scotland, karangan bunga, dan mahkota Skotlandia.

Di prosesi tersebut, selama sekitar 10 menit, para bangsawan bergabung dengan Royal Company of Archers, yang akan menjaga peti mati Ratu sepanjang waktu selama berada di St. Giles, untuk penjagaan simbolis saat anggota masyarakat memberikan penghormatan. Raja Charles terlihat mengenakan rok Skotlandia, mengambil posisi penting di bagian kepala peti mati.

Istri Charles, Camilla dan istri Edward Sophie, Countess of Wessex duduk di dekatnya selama berjaga.

Ritual langka tersebut hanya dilakukan dua kali sebelumnya dalam sejarah Inggris. Pertama untuk prosesi pemakaman kakek Ratu, Raja George V, pada tahun 1936, dan acara pemakaman Ibu Suri Ratu Elizabeth pada tahun 2002, menurut The Independent.

Vigil of the Princes hari ini menandai kali kedua Charles, 73, Andrew, 62, dan Edward, 58, secara seremonial melindungi peti mati saat diletakkan di negara bagian. Saudara-saudara dan sepupu mereka David Armstrong Jones, putra Putri Margaret, menjaga peti mati Ibu Suri untuk upacara yang sama sehari sebelum pemakamannya pada 20 tahun yang lalu.

Partisipasi Putri Anne dalam prosesi Vigil of the Princes Ratu Elizabeth II sangat penting. Sebab ia menjadi wanita kerajaan pertama yang bergabung dengan acara simbolis tersebut..

Putri satu-satunya Ratu Elizabeth II itu berperan besar selama rangkaian acara pemakaman ibunya sejauh ini, dari mengikuti peti mati selama enam jam perjalanan dari Kastil Balmoral ke Edinburgh pada akhir pekan kemarin hingga ikut berjalan bersama saudara-saudaranya di belakang peti mati saat dipindahkan dari istana ke St. Giles pada Senin kemarin.

Peti mati mendiang raja akan dibaringkan di katedral abad pertengahan semalam untuk memungkinkan anggota staf dari Istana Holyroodhouse memberi penghormatan.

Pada hari Selasa, 13 September 2022, peti mati akan diterbangkan ke London, dengan Putri Anne kembali menemani jenazah ibunya. Setelah peti mati tiba di Istana Buckingham, latihan akan diadakan untuk prosesi ke Istana Westminster. Pemakaman kenegaraan untuk Ratu Elizabeth akan diadakan di Westminster Abbey pada Senin, 19 September 2022.

Baca juga: Pangeran Philip bagi Putri Anne: Ayah adalah Guru, Pendukung, dan Kritikus

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika