Ade Rai dalam acara Media Gathering dengan tema "Double the Blessing: Nurture Your Healthy Habit in Ramadan with Fita" /Fita

kesehatan

Olahraga di Bulan Ramadan Baiknya Sebelum Buka Puasa, Apa Saja Latihannya?

Kamis, 14 April 2022 17:48 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Mitra Tarigan

CANTIKA.COM, Jakarta - Banyak orang bingung kapan waktu olahraga di bulan Ramadan yang paling tepat. Health Enthusiast sekaligus Co-creator of Fita's programs Ade Rai menyarankan agar berolahraga saat menjelang waktu buka puasa. "Kalau waktu yang tepat, sebenarnya idealnya ya kalau kita bicara secara hormonal itu waktu akhir puasa itu adalah waktu yang paling tepat untuk kita melakukan aktivitas olahraga," kata Ade Rai saat diskusi virtual tema “Double the Blessing: Nurture Your Healthy Habit in Ramadan with Fita”, Rabu 14 April 2022.

Ade juga menjelaskan bahwa tubuh manusia memiliki dua mode. Pertama disebut mode fat storing yakni saat seseorang makan dan kedua adalah mode fat burning saat seseorang tidak makan. Pada 8 jam pertama berpuasa, orang akan membakar makanan yang baru disantap saat sahur untuk menjadi energi. Setelah itu, tubuh akan menggunakan sisa-sisa makanan yang ada di dalam tubuh untuk dijadikan energi. "Sekitar 10 jam ke depan saja dia masih mencari yang namanya cadangan makanan yang masih ada. Uniknya pada saat kita berolahraga di ujung puasa sebelum buka puasa, itu akan mengoptimalkan badan akan mengaktivasi hormon yang namanya sensitive lipase," kata Ade Rai.

Ada beberapa saran olahraga yang bisa dilakukan orang sebelum buka puasa. Salah satunya adalah olahraga kardio atau latihan beban. "Jadi olahraga sebelum buka saya rasa itu salah satu hal yang baik. Bisa dengan kardio, atau menurut saya yang paling bagus adalah latihan beban," katanya.

Menurut Ade Rai, banyak yang takut untuk melakukan latihan beban karena orang akan langsung beranggapan bahwa mengangkat beban yang berat sekali. Padahal latihan beban juga bisa dilakukan dengan bobot tubuh sendiri dan tanpa alat apapun. Salah satu gerakannya adalah dengan gerakan plank, di mana tubuh akan menahan berat badan sendiri sebagai bebannya.

"Di kepala kita bahwa latihan beban ini harus pakai besi atau yang berat-berat. Jawabannya tidak. Hanya cukup dengan menggunakan tubuh sendiri. Misalnya plank, jadi nggak ngapa-ngapain, diam saja tapi ototnya kerasa," tutupnya.

Dalam keadaan plank, orang akan melatih otot perut dan pinggang. "Latihan beban bisa membakar gula dalam tubuh untuk sumber tenaga," katanya.

Selain plank, olahraga beban lain yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan sit up, push up. "Olahraga bisa dimulai dengan 15 menit sebelum buka, lalu meningkat menjadi 30 menit sebelum buka, atau bahkan 1 jam sebelum buka. Berolahraga di ujung puasa bisa memberikan efek optimal," kata Ade Rai.

Baca: Olahraga di Bulan Ramadan, Sebaiknya Lakukan dengan Intensitas Sedang dan Rutin