Ilustrasi ibu hamil melakukan prenatal yoga. Freepik.com/Senivpetro

kesehatan

Ibu Hamil Jangan Malas Olahraga, Ini Pilihan Latihan yang Bisa Dilakukan

Senin, 1 November 2021 15:28 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Mitra Tarigan

CANTIKA.COM, Jakarta - Banyak orang masih berpikir bahwa ibu hamil jangan Malas Olahraga, Ini Pilihan Latihan yang Bisa Dilakukan tidak boleh berolahraga. Padahal, ada sebuah hasil penelitian yang mengatakan bahwa menjadi pribadi yang tetap aktif secara fisik dan berolahraga memiliki manfaat kesehatan yang baik bagi ibu dan bayinya.

Setidaknya, seorang ibu hamil perlu menyisihkan 150 menit dalam setiap minggunya untuk melakukan aktivitas fisik agar tetap sehat dan bugar. Berikut ini adalah beberapa latihan terbaik yang dapat dilakukan selama kehamilan.

1. Side-lying leg raises
Untuk melakukan latihan ini, berbaringlah di atas matras dengan posisi senyaman mungkin. Sandarkanlah kepala pada lengan yang akan menopangnya. Letakkan tangan pada pinggang dan angkat kaki ke samping lalu turunkan. Ulangi latihan tersebut banyak 10 kali, lalu bergantian ke sisi satunya.

2. Squats
Untuk melakukan squat, berdirilah dengan kaki dibuka selebar bahu. Satukan kedua tangan, dan turunkan tubuh ke bawah lalu naik ke atas. Pastikan pinggul berada pada posisi yang sejajar dengan lantai. Ulangi latihan ini sebanyak 15 hingga 20 kali.

3. Knee Push-up
Knee Push-up dapat dilakukan dengan posisi plank dan meletakkan lutut di atas matras. Angkat kaki bagian bawah hingga membentuk sudut 45 derajat ke matras. Lalu, turunkan tubuh bagian atas menggunakan kekuatan kedua tangan dan naikkan lagi. Lakukan latihan ini setidaknya 10 hingga 15 kali.

Tiga latihan di atas merupakan hal yang baik apabila dilakukan oleh ibu hamil. Tetapi, nyatanya ada juga berbagai olahraga lainnya yang harus dihindari demi kebaikan. Berikut ini daftarnya:

Berolahraga seperti squash yang menggunakan raket, kickboxing, bermain basket ataupun berkuda merupakan jenis latihan yang harus dihindari selama kehamilan
Latihan berintensitas tinggi yang akan membuat tubuh terasa panas, serta yang mengharuskan berbaring telentang terlalu lama juga sangat dianjurkan untuk dihindari Kegiatan mendaki di ketinggian harus dihindari karena akan menyebabkan penyakit tertentu pada ibu dan bayi, termasuk olahraga air yang harus dihindari.

Baca: Preeklamsia Bisa Jadi Silent Killer untuk Ibu Hamil, Segera Lakukan Deteksi Dini

LAURENSIA FAYOLA l TIMES OF INDIA