Ilustrasi membersihkan wajah dengan toner. Shutterstock.com

kecantikan

Sebab Kulit Wajah Terasa Perih Usai Dibersihkan, Kurangi Kekuatan

Jumat, 29 November 2019 20:05 WIB
Reporter : Antara Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Pernah mengalami kulit wajah perih usai dibersihkan dengan susu pembersih dan toner? Sering kali kita menyalahkan produk perawatan kulit atau skincare sebagai penyebabnya. Tapi ternyata belum tentu. Bisa jadi itu juga disebabkan oleh cara membersihkan yang salah.

Ahli dermatologi Inneke Jane Hidajat mengatakan terkadang cara pembersihan yang terlalu kuat, sehingga menimbulkan iritasi bisa menjadi penyebabnya.

"Membersihkan wajah jangan terlalu digosok-gosok demi bersih banget, yang ada malah iritasi wajahnya. Setelah cleansing milk lalu toner malah wajah kering karena sudah digosok-gosok (terlalu kuat)," kata dia di Jakarta, Rabu.

Adanya trauma minor pada kulit wajah inilah yang terkadang memunculkan rasa perih usai wajah dibersihkan. Jane menuturkan, pada kondisi kulit berjerawat menggosok terlalu kuat bisa memperparah jerawat.

"Kalau pada kulit berjerawat, malah bisa memperparah jerawatnya. Bersihkan pelan-pelan secara halus misalnya pakai brush yang lembut. Setelah dibersihkan pakai serum," tutur Jane.

Membersihkan wajah rutin menjadi hal wajib agar kulit tetap sehat dan tak kusam, terutama jika Anda mengaplikasikan makeup. Setelahnya, jangan lupakan pelembap dan tabir surya.

Selain itu, terapkan gaya hidup sehat seperti mengelola stres, tak konsumsi alkohol dan merokok, konsumsi air sesuai kebutuhan tubuh serta istirahat yang cukup.