Ilustrasi anak berenang. Shutterstock

keluarga

Mau Ajak Anak Renang, Perhatikan 5 Tips Supaya Tetap Aman

Selasa, 17 September 2019 18:36 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Yunia Pratiwi

CANTIKA.COM, Jakarta - Ketika mengajak anak berenang, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat, tenggelam adalah penyebab kematian paling umum kedua untuk anak-anak usia 1 hingga 4 tahun, setelah cacat bawaan, yang berarti orang tua harus lebih berhati-hati.

"Penting untuk dipahami bahwa anak-anak tidak pernah 'tahan tenggelam', itulah sebabnya mengapa banyak lapisan keselamatan sangat penting," kata Jenny McCuiston, pendiri Goldfish Swim School. Melansir laman Good Housekeeping, berikut adalah beberapa cara untuk menjaga balita Anda aman di dalam dan di dalam air.

1. Mulai pelajaran lebih awal - lebih cepat dari perkiraan Anda
American Academy of Pediatrics (AAP) merevisi pedoman renang amannya. Sementara kebijakan organisasi digunakan untuk menyatakan bahwa balita tidak bisa benar-benar belajar berenang sampai usia 4 - dan bahwa pelajaran untuk anak-anak membuat orang tua terlalu percaya diri dalam kemampuan berenang balita mereka - AAP sekarang mengatakan pihaknya melihat ada manfaatnya dalam memberikan pelajaran berenang kepada anak-anak mulai dari usia 1. "Bukti baru menunjukkan bahwa anak-anak usia 1 hingga 4 mungkin lebih kecil kemungkinannya tenggelam jika mereka memiliki instruksi renang formal," kata

"Semakin awal mereka berada di air, semakin cepat mereka merasa nyaman di dalam air," kata Emily Leaman, salah satu pendiri dan COO Fitness Alive Philly, yang memulai kelas untuk bayi semuda lima bulan. "Dengan asumsi balita Anda adalah baru di kolam renang, cara terbaik untuk memulai adalah dengan Ibu atau Ayah di dalam air, karena itu membantu kebanyakan anak merasa aman dan percaya diri. "

Penting juga untuk memulai dari yang kecil dan mengambil langkah-langkah tambahan, "Anda akan mulai dengan dasar-dasar seperti membuat wajah dan kepala basah, menendang kuat dan pukulan dayung depan dasar, dan mengapung depan dan belakang," kata Leaman. "Dibutuhkan banyak latihan bagi anak-anak untuk menghubungkan titik-titik untuk melakukan semua gerakan ini sekaligus, dan mengubahnya menjadi berenang yang sebenarnya, jadi sangat membantu untuk memecahnya menjadi potongan-potongan."

2. Pelajari tips anti-tenggelam dari American Academy of Pediatrics
Jika orang tua belajar dan mengikuti pedoman keselamatan berenang AAP, kemungkinan tenggelam semakin kecil. Pedoman tersebut mencakup kiat-kiat seperti:

- Selalu sediakan orang dewasa untuk mengawasi anak-anak. Hal ini berlaku di sekitar kolam, badan air, bak mandi, dan bahkan benda-benda seperti toilet dan ember, karena balita juga bisa tenggelam jika mereka terjebak dengan wajah yang terendam.

- Orang dewasa harus selalu berenang dalam lengan sebatas balita ketika balita itu berada di dalam air.

- Akan sangat membantu jika orang tua dan pengasuh mempelajari CPR atau Cardiopulmonaryy Resuscitation, teknik kompresi dada dan pemberian napas buatan untuk orang-orang yang detak jantung atau pernapasannya terhenti. Anda dapat menemukan kelas CPR di cabang lokal Palang Merah.

- Jauhkan anak-anak dari air saat mereka tidak bersama orang dewasa. Banyak insiden tenggelam terjadi ketika orang tua tidak mengantisipasi berenang, seperti ketika balita berkeliaran di luar dan jatuh ke kolam. "Selain pelajaran berenang, hal paling penting yang dapat dilakukan orang tua atau pengasuh untuk menjaga agar balita tetap aman di air adalah mewaspadai risiko potensial dan mencegah akses yang tidak terawasi ke air," kata Lindsay Mondick, manajer senior olahraga air di YMCA Amerika Serikat. Hal ini termasuk kolam dan spa portabel di dalam tanah, di atas tanah dan portabel, bak mandi, ember dan badan air alami seperti sungai, danau, kolam, dan kanal.

Setiap kolam permanen harus dikelilingi oleh pagar empat sisi dengan kunci, setidaknya empat kaki. Anda mungkin juga ingin melihat ke dalam berinvestasi dalam alarm pool. AAP juga mengatakan waspada terhadap kolam-kolam tiup, karena sisi-sisinya yang lembut berarti mudah bagi seorang anak untuk bersandar pada mereka dan kemudian jatuh. Jika berenang di perairan terbuka, pilih area pantai dengan penjaga pantai.

3. Peralatan renang yang lengkap
Beberapa peralatan yang dipasarkan untuk keselamatan mungkin sebenarnya tidak memberikan manfaat apa pun. AAP memperingatkan agar jangan menggunakan peralatan tiup apa pun, yang bisa mengempis, sebagai alat bantu renang. "Floatie, mie, dan tabung plastik tidak melindungi dari tenggelam," kata McCuiston. "Mereka diciptakan sebagai mainan air, bukan perangkat yang menyelamatkan jiwa."

"'Alat' utama kami di kelas balita sebenarnya adalah ibu dan ayah,” kata Leaman. "Kami mengajarkan orang tua cara-cara untuk menggendong anak-anak di dalam air agar tubuh mereka bisa bergerak dan menguasai gerakan dasar sambil memberikan stabilitas."

Tetapi satu-satunya peralatan keselamatan sejati untuk digunakan di air adalah jaket pelampung. "Semua anak-anak harus mengenakan jaket pelampung saat naik perahu," catat AAP. "Anak-anak kecil dan non-perenang juga harus mengenakan satu di tepi air, seperti di tepi sungai atau dermaga."

"Lifejackets bisa menjadi alat keselamatan air yang penting ketika digunakan selain pengawasan orang dewasa," McCuiston menambahkan, "tapi pastikan untuk memeriksa bahwa mereka disetujui Coast Guard."

4. Pelajari tanda-tanda tenggelam
Tidak seperti apa yang Anda lihat di film, tenggelam tidak disertai dengan batuk atau teriakan minta tolong. Namun lebih mungkin bajwa anggota keluarga hanya akan tergelincir di bawah air dan tidak muncul lagi. "Tenggelam adalah cedera yang sangat cepat, seringkali diam, sehingga penting bagi orang tua untuk menyadari risiko dan tanda-tanda tenggelam," kata Mondick.

5. Tabir surya
Bagi kebanyakan keluarga, menggunakan tabir surya dan menghabiskan waktu dengan air hal yang penting. Meskipun perlindungan kulit bukanlah bahaya terkait air, aplikasi yang tepat penting untuk keselamatan keseluruhan selama pengalaman berenang anak Anda.

Tabir surya berbahan mineral paling cocok untuk anak-anak, tetapi Anda harus memeriksa untuk memastikan bahwa mereka tidak mengandung kandungan yang berbahaya. Gunakan tabir surya setidaknya 20 menit sebelum Anda pergi ke luar, dengan seukuran bola golf untuk menutupi tubuh Anda, dan ulangi pemakaian setelah berenang atau berkeringat.

Awasi gejala dehidrasi, terbakar sinar matahari, atau kepanasan, seperti pusing, lemas, atau mual, dan pastikan untuk minum banyak air! Dan, jika Anda bisa, hindari berenang di siang hari ketika matahari berada pada posisi paling kuat. Dengan kiat-kiat itu, Anda siap bersenang-senang di kolam renang.