Ada Hegerberg. Reuters

ragam

Heboh Pesepak Bola Ada Hegerberg Raih Ballon d'Or Ditanya Twerk

Kamis, 6 Desember 2018 16:00 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Rini Kustiani

CANTIKA.COM, Jakarta - Pesepak bola perempuan asal Norwegia, Ada Hegerberg menjadi perempuan pertama yang menerima penghargaan Ballon d'Or. Ballon d'Or adalah penghargaan untuk pesepak bola terbaik dunia yang diselenggarakan oleh French Football di Paris, Prancis.

Ada Hegerberg menerima piala Ballon d'Or di Paris, Prancis, pada Senin, 3 Desember 2018 karena mendapatkan 45 suara dari jurnalis seluruh dunia. Hanya saja, ada peristiwa yang bikin heboh setelah perempuan bernama lengkap Ada Martine Stolsmo Hegerberg ini menerima penghargaan.

Pembawa acara DJ Martin Solveig menanyakan sesuatu kepada Ada Hegerberg dengan menggunakan bahasa Prancis. "Apakah kamu tahu bagaimana melakukan Twerk?" tanya Martin Solveig. Twerk adalah tarian provokatif yang dilakukan dengan menggerakkan area di sekitar pinggul, bokong, dan pinggang.

Mendengar pertanyaan itu, Ada Hegerberg menjawab singkat, "tidak". Wanita 23 tahun ini kemudian berlalu dengan menggenggam pialanya.

Ada Hegerberg. Situs Tellerreport

Kejadian itu tersebar di media sosial dan memantik kontroversi. Netizen, terutama wanita, kesal dengan perbedaan perlakuan pemenang Ballon d'Or pria dan wanita. Para pemenang pria tidak pernah mendapat pertanyaan yang tidak berkaitan dengan sepak bola. Sedangkan Ada Hegerberg langsung mendapatkan pertanyaan yang melecehkan.

Mengutip The Guardian, Ada Hegerberg mengatakan, saat di panggung, dia tidak berpikir sama sekali kalau pertanyaan dari Martin Solveig itu melecehkan. Dia baru sadar setelah netizen ramai-ramai mempersoalkan peristiwa itu.

"Saya tidak berpikir sama sekali kalau itu termasuk pelecehan seksual. Setelah saya tahu twerk itu tarian, saya mengira mungkin mereka ingin merayakan penghargaan ini dengan menari," ucap dia. "Tapi sungguh saya tak tahu twerk itu apa. Saya hanya merasa bahagia dan cuma ingin merayakan penghaargaan ini."

Ada Hegerberg. Reuters

Ada Hegerberg berharap penghargaan Ballon d'Or yang diraihnya bisa menginspirasi perempuan untuk mengejar dan mewujudkan mimpinya di bidang apapun, termasuk sepak bola. "Kemenangan ini adalah kemajuan besar bagi sepak bola wanita," ucapnya.

Ada Hegerberg ingin kemenangannya bisa meningkatkan kesetaraan gender di dunia sepak bola. Dia juga tak mau kontroversi pertanyaan dari DJ Martin Solveig berlarut-larut.

ASTARI PINASTHIKA SAROSA

Baca:
Kasus Ibu Nuril, yang Dilakukan Saat Mengalami Pelecehan Seksual