Lupa Kata Sandi? Klik di Sini

atau Masuk melalui

Belum Memiliki Akun Daftar di Sini


atau Daftar melalui

Sudah Memiliki Akun Masuk di Sini

Konfirmasi Email

Kami telah mengirimkan link aktivasi melalui email ke rudihamdani@gmail.com.

Klik link aktivasi dan dapatkan akses membaca 2 artikel gratis non Laput di koran dan Majalah Tempo

Jika Anda tidak menerima email,
Kirimkan Lagi Sekarang

Film Pengabdi Setan, Makeup Setan Harus Terlihat Nyata

Videografer

Maria Fransisca

Editor

Ryan Maulana

Sabtu, 7 Oktober 2017 17:32 WIB

Iklan

Film Pengabdi Setan merupakan salah satu film bergenre horor yang menyabet 13 nominasi di Festival Film Indonesia atau FFI 2017. Dalam film itu, karakter Ibu, nenek, dan sejumlah mayat hidup menjadi penting karena penampilannya yang seram. Di balik penampilan yang bikin sebagian penonton ketakutan itu, ada tangan-tangan terampil yang membuat riasan dengan efek tertentu.

Special effect makeup artist Film Pengabdi Setan, Darwyn Tse menceritakan dia mendapat tawaran untuk turut serta dalam film ini pada April 2017. Adapun proses pengambilan gambar berlangsung satu bulan kemudian. Ketika menyetujui tawaran tersebut, Darwyn membaca naskah dan merinci pada bagian mana dan karakter apa yang mesti dia siapkan riasannya secara khusus.

Dari sembilan tokoh utama, ada tiga diantaranya yang membutuhkan sentuhan special effect makeup artist, yakni ibu mulai dari tampilan sebagai penyanyi, sakit, dan mayat hidup, serta nenek dan ayah yang dibuat lebih tua. Satu lagi yang membutuhkan detil makeup artist dengan efek khusus adalah pasukan mayat hidup yang jumlahnya sekitar 25 orang.

Di antara tokoh-tokoh dalam film tersebut, Darwyn mengungkapkan yang paling sulit adalah merias 25 tokoh mayat hidup. Agar efek seramnya terlihat, dia menggunakan aplikasi lateks dan kontak lensa. Sedangkan untuk merias tokoh Ibu, dia membutuhkan waktu yang tidak terlalu lama.

Reporter: Yunia Pratiwi

Jurnalis video: Maria Fransisca

Editor/Narator: Ryan Maulana