Profil Laufey, Penyanyi Islandia yang Tampil 2 Hari di BNI Java Jazz Festival 2024

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rezki Alvionitasari

google-image
Laufey. Secret Signals/Foto: Gemma Warren

Laufey. Secret Signals/Foto: Gemma Warren

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Penampilan spesial Laufey di BNI Java Jazz Festival 2024 menjadi magnet tersendiri untuk para remaja putri di Indonesia. Karena peminat konsernya banyak, BNI Java Jazz Festival 2024 mengumumkan penambahan hari untuk penampilan Laufey, yaitu pada hari Jumat, 24 Mei 2024 di JIEXpo Kemayoran, Jakarta. Awalnya hanya di hari Sabtu, 25 Mei 2024.

Sejak minggu lalu, tiket penampilan spesial Laufey untuk hari Sabtu, 25 Mei 2024 sudah habis terjual. Tingginya antusias penggemar akan penampilan musisi pemenang Grammy Awards itu membuat BNI Java Jazz Festival memberikan waktu untuk konser tambahan. 

Penampilan penyanyi asal Islandia, Laufey Lín Bing Jónsdóttir, di Java Jazz Festival 2024, JI-Expo Kemayoran, Jakarta, Jumat, 24 Mei 2024. Foto: Instagram Story/@laufey.

Pertunjukan spesial show tambahan

Konser tambahan Laufey pada hari Jumat, 24 Mei menampilkan konsep yang berbeda dengan special show pada hari Sabtu, 25 Mei 2024.

Konser tambahan itu menampilkan konsep 'one woman show'. Konsep ini sama seperti konsernya tahun lalu di Jakarta. Meski tanpa full band, Laufey menghibur penggemarnya dengan membawakan lagu-lagu yang belum pernah ditampilkan tahun lalu. 

Termasuk beberapa lagu pada album keduanya Bewitched seperti "Lovesick", "Bewitched", dan juga lagu-lagu tambahan yang ada pada Bewitched: The Goddess Edition seperti "Goddess" dan "Bored".

Siapa Laufey yang digandrungi para peminat jazz dari kalangan remaja perempuan? Yuk simak profilnya berikut ini.

Profil Laufey

Dikutip dari All Music, Laufey adalah penyanyi dan penulis lagu asal Islandia. Musiknya beraliran gaya pop tradisional yang dipengaruhi jazz abad ke-21.

Kadang ia juga memasukkan unsur rock dalam musiknya. Karya lagunya terinspirasi dari Ella Fitzgerald, Billie Holiday, Peggy Lee, Chet Baker, dan George Gershwin.

Laufey lahir di Reykjavík, Islandia, pada 23 April 1999. Nama lengkapnya Laufey Lín Jónsdóttir. Masa kecilnya tinggal berpindah-pindah Reykjavík dan Washington. Sejak kecil, ia telah bergumul dengan musik klasik dan jazz. 

Saat remaja, Laufey tampil bersama Iceland Symphony Orchestra. Dia pernah pula ikut di ajang pencarian bakat Iceland Got Talent. Ia memukau juri dengan lagu Stars karya Grace Potter.

Voice of Iceland pun pernah dijajalnya. Ketika itu musisi berdarah Islandia-Tiongkok ini menyanyikan “I Have Nothing” karya Whitney Houston. 

Berkat bakatnya di bidang musik, saat kuliah, Laufey dianugerahi Beasiswa Kepresidenan untuk Berklee College of Music di Boston. Selama di sana, ia mengambil pengaruh modern, berkolaborasi dengan rekan-rekan, dan mengasah keterampilannya sebagai vokalis, instrumentalis, dan menulis lagu.

Laufey merekam single pertama, Street by Street. Lagu Street by Street akhirnya mencapai nomor satu di Tangga Lagu Radio Islandia. Laufey mengeluarkan lagu lainnya: Best Friend dan Someone New. Ketiga lagu tersebut kemudian disertakan dalam album Extended Player atau EP debutnya, Typical of Me, pada April 2021.

Pada Agustus 2022, Laufey merilis album Everything I Know About Love. Didukung oleh single yang terinspirasi bossa nova Falling Behind, album tersebut mencapai Top 20 di Islandia dan 14 di chart Heatseekers Billboard.

Pada September 2022, dia melakukan tur ke Amerika Utara. Tiketnya terjual habis. Pada 2023, Laufey menggelar konser A Night at the Symphony Orchestra, bareng Iceland Symphony Orchestra.

Konser Laufey berikutnya

Laufey semakin populer di tahun 2023 dengan beberapa penghargaan yang diperolehnya. Penyanyi berdarah Islandia dan China ini mendapat penghargaan Grammy untuk kategori Best Traditional Pop Vocal Album tahun 2024.

Album Bewitched yang dirilis tahun lalu menorehkan prestasi luar biasa. Album tersebut menjadi album jazz dengan angka debut terbesar di Spotify sepanjang sejarah.

Beberapa pencapaiannya antara lain nomor #2 di chart Spotify Global dan chart U.S. Albums, nomor #23 di chart album Billboard 200, nomor #1 di chart Billboard Independent Albums, dan #1 di chart Current Traditional Jazz.

Setelah menghibur penggemarnya di BNI Java Jazz Festival 2024 nanti, Laufey jugatampil di beberapa negara di kawasan Asia dan Australia. Dari Jakarta, Laufey akan menggelar konser bersama Manila Philharmonic Orchestra pada tanggal 28 dan 29 Mei 2024 di Manila, Filipina. Jelang akhir tahun, Laufey juga akan menggelar tur konser "Bewitched: The Goddess Tour" di Asia dan Australia pada bulan Agustus dan September mendatang.

Pilihan Editor: Penampilan Hangat Laufey di Panggung BNI Java Jazz Festival 2024

HENDRIK KHOIRUL MUHID | YUNIA PRATIWI

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."